Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Aceh Diguncang Gempa M5,6, Begini Analis BMKG

- Apahabar.com     Minggu, 31 Juli 2022 - 13:01 WITA

Aceh Diguncang Gempa M5,6, Begini Analis BMKG

Gempa, Gempa Aceh, Aceh Gempa, BMKG, apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa mengguncang Aceh berkekuatan magnitudo (M)5,6 pukul 10.03.16 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,27° LU ; 95,74° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km tenggara Calang, Aceh Jaya, Aceh pada kedalaman 58 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike slip ),” kata Bambang dalam keterangan resminya, Minggu (31/7/2022).

Bambang mengatakan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Besar, Banda Aceh dan Pidie dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” paparnya, kutip Okezone.

Sementara itu, hingga pukul 10.26 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Bambang mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbaunya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Slank, God Bless, hingga Pamungkas Siap Meriahkan Jakarta Fair 2022, Cek Jadwalnya!
Kebakaran Banjarmasin

News

Duka di Sutoyo Banjarmasin, Belasan Jiwa Kehilangan Rumah
Partai Mahasiswa Indonesia

News

Partai Mahasiswa Ternyata Perubahan dari Partai Kristen Indonesia 45

News

Hippindo Dukung Peritel Cetuskan 15 Agustus sebagai Hari Ritel Modern Indonesia

News

Ketum HIPMI Bantu Bangsa Bangkitkan Ekonomi Indonesia, Tokoh NTT: Jangan Bunuh Karakternya!
Haji

News

Calon Haji Kalsel Sabar Dulu! Tunggu Keputusan Kementerian Agama

News

Kapal TNI AL Diserbu Ratusan Nelayan di Kotabaru
Pengurus KAHMI Tabalong

News

Resmi Dilantik, Pengurus KAHMI Tabalong Fokus Penguatan Kelembagaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com