Aksi Ciamik Pereli Kalsel di Kejurnas Danau Toba Rally 2022, Rifat Sungkar Tercecer IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Liburland Festival di Banjarbaru, Isyana Sarasvati Pikat Ribuan Pengunjung Breaking! Toko Pecah Belah di Palangka Raya Terbakar Aksi Dugaan Perampasan, 3 Polisi Kalsel Berhadapan dengan Propam
agustus

Antisipasi PMK Jelang Iduladha, Polisi Kotabaru Cek Hewan Kurban

Menjelang Hari Raya Iduladha 2022, Jajaran Polres Kotabaru menggelar operasi Amanusa mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)...
- Apahabar.com     Kamis, 7 Juli 2022 - 15:39 WITA

Antisipasi PMK Jelang Iduladha, Polisi Kotabaru Cek Hewan Kurban

Kasat Binmas Polres Kotabaru AKP Rosadi saat mengecek hewan kurban menjelang Idul Adha. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Menjelang Hari Raya Iduladha 2022, jajaran Polres Kotabaru menggelar operasi Amanusa mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban.

Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Harisada Siregar, melalui Kasat Binmas, AKP Rosadi mengatakan operasi dilakukan guna mencegah masuknya wabah PMK di wilayah Kotabaru.

Mengantisipasi hewan kurban yang terindikasi terpapar PMK terjual luas di masyarakat Sa Ijaan.

“Jadi, walaupun tak apa-apa bagi manusia. Namun kasihan masyarakat kita jika terbeli daging dan mengonsumsinya,” ujar Rosadi, saat di lokasi peternakan sapi di desa Stagen, Pulau Laut Utara, Kamis (7/7).

Rosadi bilang, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kotabaru tentang sejauh mana jaminan keamanan hewan di Kotabaru terkait PMK.

“Jadi, pihak dinas juga melakukan pengawasan terhadap hewan yang masuk ke Kotabaru dan mereka juga rutin melakukan pengecekan,” ujar dia.

Sejauh ini, sambung Kasat berdasarkan laporan Dinas Pertanian Kotabaru, belum ada indikasi atau ditemukan kasus PMK di Bumi Sa Ijaan.

“Selama ini, Alhamdulillah sampai Kotabaru masih aman dari PMK,” pungkas Rosadi.

Sebelumnya, Dinas Pertanian (Distan) Kotabaru menyatakan perihal tidak adanya hewan ternak yang terindikasi terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Amannya hewan ternak itu setelah dilakukan survei oleh petugas Distan Kotabaru, beserta petugas di seluruh wilayah kecamatan.

Plt Kadistan Kotabaru Johanuddin, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Khairus Saleh, menyatakan tidak ditemukannya indikasi hewan ternak yang terinfeksi PMK.

“Jadi, berdasarkan survei kami, sejauh ini Alhamdulillah belum ada ditemukan PMK pada hewan di Kotabaru,” ujar Khairus, kepada apahabar.com, Jumat (17/6).

Meski dinilai aman, kata Khairus upaya antisipasi terus dilakukan secara masif agar hewan ternak di Kotabaru tetap aman dan terhindar dari wabah PMK.

Caranya sendiri, selain menggelar sosialisasi, juga dengan telah mengedarkan surat agar semua pihak mewaspadai adanya PMK hingga ke seluruh kecamatan di Kotabaru.

“Kami juga sudah beberapa kali sosialisasi pencegahan PMK, menghadirkan pihak kecamatan, penyuluh, serta para pelaku usaha ternak,” tuturnya.

Sementara, menjelang hari raya Idul Adha, pengecekan pintu masuk hewan kurban juga makin diketatkan guna menghindari PMK masuk ke Kotabaru.

“Kami juga sudah persiapkan petugas di pintu-pintu masuk Kotabaru. Meski hewannya sudah dikarantina, tapi bila masuk ke Kotabaru tetap kami periksa dulu,” pungkas Khairus.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pramediasi Komnas HAM

Hot Borneo

Pramediasi Sengketa Pasar Batuah, Sederet Opsi Ditawarkan Pemkot Banjarmasin  

Hot Borneo

3 Hari Digelar, Transaksi Gernas BBI di Kalsel Sentuh Setengah Miliar
Laka Rapak Balikpapan

Hot Borneo

Korban Laka Rapak Kembali Berduka, Azka: Ibu Nggak Bisa Jalan, Ayah Masih Diam Aja
Sekda Tapin Masyraniansyah

Hot Borneo

Sekda Tapin Ungkap Alasan Mengapa Pasar Ramadan Kembali Ditiadakan
PDAM Bandarmasih

Hot Borneo

Penuhi Panggilan Dewan, PDAM Bandarmasih Komitmen Jalankan 3 Solusi
PLN

Hot Borneo

Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan 2021, PLN UIP Kalbagtim Optimis Capai Kinerja 2022
Minyak Goreng Curah Tanbu

Hot Borneo

Bantu Warga, Desa Persiapan Hidayah Makmur Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Curah
Kapolres Tapin

Hot Borneo

Termasuk Kasat Reskrim, Sejumlah Perwira di Polres Tapin Bergeser
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com