Aksi Ciamik Pereli Kalsel di Kejurnas Danau Toba Rally 2022, Rifat Sungkar Tercecer IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Liburland Festival di Banjarbaru, Isyana Sarasvati Pikat Ribuan Pengunjung Breaking! Toko Pecah Belah di Palangka Raya Terbakar Aksi Dugaan Perampasan, 3 Polisi Kalsel Berhadapan dengan Propam
agustus

Ayo Cek Ulang Arah Kiblat, Sore Ini Matahari Tepat di Atas Ka’bah

- Apahabar.com     Jumat, 15 Juli 2022 - 11:24 WITA

Ayo Cek Ulang Arah Kiblat, Sore Ini Matahari Tepat di Atas Ka’bah

Fenomena matahari tepat di atas Ka'bah kembali terjadi, Jumat (15/7) sore Wita. Foto: Media Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Fenomena matahari tepat di atas Ka’bah, Jumat (15/7), sekaligus menjadi momen muslim di dunia membetulkan arah kiblat.

Fenomena yang cuma terjadi dua kali dalam setahun ini berlangsung pukul 12:26,42 waktu Arab Saudi atau 17:26,42 Wita.

“Hal ini karena bayangan benda yang terbentuk akan mengarah ke Ka’bah, ketika matahari berada di atas Ka’bah,” papar Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, seperti dilansir CNN.

Dari sudut pandang astronomis, fenomena itu disebabkan selisih deklinasi matahari bernilai sama atau kecil dengan lintang geografis Ka’bah.

Deklinasi sendiri merupakan sudut apit antara lintasan semu harian matahari dengan proyeksi ekuator bumi di bola langit atau ekuator langit.

Selain 15 Juli 2022, fenomena matahari di atas ka’bah juga terjadi 28 Mei pukul 12:17,59 waktu Arab Saudi atau 16:17,59 WIB.

“Untuk mencocokkan arah kiblat dengan posisi matahari bisa dilihat dengan cara mencari lokasi yang rata terkena cahaya matahari,” jelas Andi Pangerang.

Kemudian sediakan tongkat lurus ataupun benda tegak tidak berongga lain, seperti spidol papan tulis dan botol minum atau benang berbandul.

Selanjutnya persiapkan jam yang sudah dikalibrasi. Tancapkan tongkat di atas permukaan tanah dan pastikan tongkat benar-benar tegak lurus atau 90 derajat dari permukaan tanah atau gantungkan benang berbandul.

Ketika waktu matahari tepat di atas Ka’bah tiba, amati bayangan tongkat atau benang. Lantas tandai ujung bayangan, lalu tarik garis lurus dengan pusat bayangan tongkat.

“Garis lurus yang menghadap dari ujung ke pusat bayangan merupakan arah kiblat untuk tempat tersebut,” pungkas Andi Pangerang.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

minyak goreng

News

Penerima BLT Minyak Goreng Bertambah Jadi 23,15 Juta Orang

News

Lebaran, Ratusan Napi di Rutan Tanjung Diganjar Remisi
Kormi Tapin

News

Target KORMI Tapin di Forda 2022: Emas hingga Fornas  

News

Di Tengah Kepungan Rusia, Sejumlah Tangki Minyak di Vasylkiv-Ukraina Terbakar
Rhoma

News

Kehadiran Fans Rhoma Irama di Kalsel, Gaungkan Musik Dangdut

News

Dua Tahun Corona di Banjarmasin, Pasien Ulin-01 Temukan Banyak Perbedaan

News

Cuti Bersama Idulfitri, Perpanjangan SIM di Polres Batola Dapat Dispensasi
new colt l300

News

Kenalkan New Colt L300, Mitsubishi Gelar Customer Gathering di Kelapa Gading Jakarta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com