Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik [ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Buntut Kasus Gagal Bayar Koperasi, Kemenkop Tunda RAT KSP Indosurya

- Apahabar.com     Jumat, 29 Juli 2022 - 15:43 WITA

Buntut Kasus Gagal Bayar Koperasi, Kemenkop Tunda RAT KSP Indosurya

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zubaidi. Foto: KemenkopUKM

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) memutuskan menunda pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara online. Hal ini dilakukan guna memenuhi aspirasi dari anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya terkait kasus gagal bayar koperasi tersebut.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi menjelaskan kalau penundaan ini dilakukan karena adanya kekhawatiran dari anggota KSP mengenai adanya indikasi manipulasi dalam pelaksanaanya nanti. Maka dari itu menurutnya Kemenkop menegaskan akan membentuk tim untuk mengawasi proses RAT dari proses awal hingga akhir.

“Karena status KSP Dalam Pengawasan Khusus, maka seluruh rangkaian proses RAT harus dilaporkan dan mendapat persetujuan dari tim pendamping,” ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (29/7).

Ahmad mengatakan KemenkopUKM akan mendorong penegakan hukum terhadap oknum yang terbukti bersalah. Bahkan, KemenkopUKM malalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Koperasi Bermasalah mendorong pengurus lain yang terlibat penggelapan aset atau perubahan dokumen dapat diproses secara hukum.

Dia juga menambahkan bahwa KemenkopUKM akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transasksi Keuangan (PPATK), serta Bareskrim Polri untuk menyelesaikan peroslan gagal bayar ini.

“KemenkopUKM bersama stakeholder terkait mendukung penuh penyelesaian perkara yang membelit KSP-KSP bermasalah ini demi terpenuhinya hak-hak anggota,” tutupnya. (Thomas)

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Perang

News

PBB Catat 835 Ribu Pengungsi Tinggalkan Ukraina Sejak Rusia Mulai Invasi
Cuaca Kalsel

News

Cuaca Hari Ini: Pesisir-Hulu Sungai Kalsel Hujan

News

Kapolri Copot Irjen Ferdy Sambo, Dimutasi ke Yanma Polri
Mantewe

News

Penggerebekan di Mantewe Tanbu, Belasan Sabu Disita 
NII

News

Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris

News

Dalam RUU KIA, Muncul Usulan Ayah Dapat Cuti 40 Hari
PKS

News

Isyarat PKS Gabung Poros KIB di Pilpres 2024
Kecelakaan

News

Pasutri Banjarmasin Tewas Tabrak Truk di Jalan Soebardjo, Polisi Bakal Gelar Perkara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com