Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

Cegah Kejahatan Siber, Polda Kalsel Gandeng Politeknik Negeri Tala

- Apahabar.com     Rabu, 6 Juli 2022 - 19:14 WITA

Cegah Kejahatan Siber, Polda Kalsel Gandeng Politeknik Negeri Tala

Dirintelkam Polda Kalsel menggandeng ahli IT Politehnik Negeri Tanah Laut dalam memerangi kejahatan siber. Foto-Istimewa.

apahabar.com, PELAIHARI – Direktorat Intelkam Polda Kalsel jalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Tanah Laut dalam pencegahan tindak pidana kejahatan siber di wilayah Kalimantan Selatan melalui pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai tiga Politeknik Negeri Tala ini dihadiri AKBP Soetrijono selaku Kasubdit V Kamsus Dit Intelkam Polda Kalsel, Direktur Politeknik Negeri Tala Dr. Mufrida Zein serta stakeholder lainnya.

AKBP Soetrijono mengatakan, kerjasama dengan Politeknik Negeri Tala di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat adalah bagian dari tugas pokok dalam upaya Preemtif, Preventif pencegahan terjadinya tindak pidana kejahatan siber di Kalimantan Selatan.

Menurutnya, Poltek Tala, nantinya akan mencetak para mahasiswa yang mampu menguasai IT yang baik.

“Dengan adanya kesepahaman pihak Direktorat Intelkam Polda Kalsel dan Politeknik Negeri Tala, maka para mahasiswa yang sudah lulus ahli IT bisa membantu Pemerintah dalam upaya Kamtibmas,” katanya.

Soetrijono menjelaskan kesepahaman dengan Politeknik Negeri Tala, yakni saling memberikan informasi terkait perkembangan ahli IT, selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pembuatan website dan isinya bisa titip pesan terkait Kamtibmas.

“Seperti pesan Kami harapkan para mahasiswa ahli IT tidak melanggar tindak pidana Siber,”pungkasnya.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Tala Dr. Mufrida Zein mengatakan setelah dilaksanakan Kesepahaman ini, pihaknya berharap tidak ada pelanggaran siber oleh mahasiswa Poltek.

Dia bilang menangani kerawanan mahasiswa ahli IT, pihak Politeknik Negeri Tala, akan melakukan mitigasi dengan Polda Kalsel. Seperti penyuluhan melalui kuliah umum dengan Polda Kalsel terkait antisipasi pelanggaran oleh mahasiswa.

Pihaknya akan mengawasi secara khusus dan menambah SDM yang unggul dengan penambahan materi soft skill, tidak saja memahami kompeten di bidangnya agar tidak menyalahgunakan ilmu dimiliki untuk melakukan sebuah kejahatan siber.

“Rencana ke depan ada beberapa kegiatan khusus jurusan informatika dan jaringan komputer, untuk meminta arahan dan bimbingan Polda Kalsel,” tutupnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kepala BPJN Kalsel Syauqi Kamal

Hot Borneo

Jelang Mudik, Tambal Sulam Jalan Berlubang Jalur LA hingga Tanjung Dikebut
Gerindra Kalsel

Hot Borneo

Tekad Gerindra Raih 100 Kursi Parlemen & Menangkan Prabowo di Kalsel
Kapal tenggelam

Hot Borneo

Pemprov Sulsel Berupaya Pulihkan Trauma Korban Selamat KM Ladang Pertiwi
Pencuri Motor Banjarmasin

Hot Borneo

Curi Motor di Banjarmasin, Pemuda Asal Gambut Ditangkap Polisi
PT AM Bandarmasih

Hot Borneo

Dukung Penyesuaian Tarif PT AM Bandarmasih, Begini Catatan Warga Pengambangan

Hot Borneo

Jangan Lupa Payung, Hujan Petir Intai Kalsel Lagi
apahabar.com

Hot Borneo

Siap-Siap, Sinyal Naiknya Harga BBM Pertamax Makin Kencang!

Hot Borneo

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai 25 April 2022, Banjarmasin Masih Level 3
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com