Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Daftar Mobil yang Dilarang Isi Pertalite, Cek di Sini

BPH Migas tengah merumuskan terkait pelarangan beli Pertalite dan Solar Subsidi untuk mobil mewah berdasarkan spesifikasi di atas 2.000 cc.
- Apahabar.com     Selasa, 19 Juli 2022 - 14:10 WITA

Daftar Mobil yang Dilarang Isi Pertalite, Cek di Sini

Pemerintah tengah merumuskan revisi Perpres terkait larangan mobil mengisi Pertalite dan Solar Subsidi. (Foto: dok. Pertamina)

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah merumuskan terkait pelarangan beli Pertalite dan Solar Subsidi untuk mobil mewah berdasarkan spesifikasi di atas 2.000 cc.

Saat ini, BPH Migas sedang menggodok revisi Peraturan Presiden (Perpres) No. 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga jual eceran BBM (Bahan Bakar Minyak).

Perpres tersebut nantinya akan mengatur BBM bersubsidi dan penugasan agar BBM jenis Pertalite dan Solar Subsidi lebih tepat sasaran.

Erika Retnowati, Kepala BPH Migas menjelaskan, bahwa setelah revisi Perpres keluar, BPH Migas akan menargetkan regulasi pengendalian pembelian BBM Subsidi yang akan mengatur secara teknis di lapangan.

“Bagi masyarakat ekonomi kelas atas yang menggunakan mobil mewah dipastikan tidak akan menerima BBM bersubsidi,” ucap Erika dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Untuk memilah pembelian dua BBM bersubsidi itu, PT Pertamina (Persero) mendorong masyarakat melakukan pendaftaran pembelian Pertalite dan Solar murah melalui tiga cara, yakni lewat website, aplikasi MyPertamina dan datang langsung ke SPBU.

Sebagai catatan, untuk saat ini lokasi yang wajib menggunakan BBM bersubsidi, mulai dari Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, Kota Sukabumi, Kota Surakarta, Kota Denpasar, dan Kota Manado.

Nah, untuk mengetahui kriteria mobil berkapasitas mesin diatas 2.000 cc yang dikategorikan sebagai mobil mewah dan dilarang memakai Pertalite dan solar bersubsidi. Berikut daftarnya jika aturan pemerintah berlaku:

Toyota

Kijang Innova 2.4
Vellfire 2.5
Alphard 2.5
Alphard 3.5
Camry 2.5
Camry Hybrid 2.5
Fortuner 2.4
Fortuner 2.7
Fortuner 2.8
Venturer 2.4
Land Cruiser 300 3.3
GR Supra 3.0

Hyundai

Santa Fe 2.2
Santa Fe 2.5
Palisade 2.2
Staria 2.2

Mitsubishi

Pajero Sport 2.4
Outlander PHEV 2.4

KIA

Grand Sedona 2.2
Grand Sedona 3.3
Grand Carnival 2.2

Nissan

X-Trail 2.5

Mazda

Mazda CX-5 2.5
Mazda CX-8 2.5
Mazda CX-9 2.5

Mercedes-Benz

GLE Class 2.9
Mercedes-Maybach S 560 3.0

BMW

BMW 8 Series 3.0
BMW M3 3.0
BMW M4 3.0
BMW M5 4.0

Secara keseluruhan, kebanyakan mobil di atas tidak ada mobil kelas Low MPV, karena memang semua tergolong mobil mewah yang memiliki harga mencapai miliaran rupiah dan termasuk mobil yang ada dalam Perpres. Tapi kita tunggu saja hasil revisi Perpres nanti. (Adit)

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Tidak Latah Ikuti Thailand, BNN Tolak Legalisasi Ganja

News

Komisi VII DPR RI Dukung Program Kompor Induksi PLN
Cacar monyet

News

Jubir Kemenkes: Jangan Stigmatisasi Cacar Monyet Terkait LGBT
Calon Haji Indonesia Bersepeda

News

Masyaallah, Calon Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi Setelah 7 Bulan Lebih Bersepeda
Jalan Hauling Tapin

News

Warga 3 Desa Blokade Jalan Hauling di Salam Babaris Tapin!
Rumah Disita Polisi, Wajah Istri Doni Salmanan Jadi Sorotan. Foto-Istimewa

News

Polisi Bakal Periksa Istri Doni Salmanan Pekan Depan

Nasional

Resmi, Kapolri Tetapkan Tersangka Irjen Ferdy Sambo

News

Harga Emas Antam Hari Ini, Melesat Hingga Rp978 Ribu per Gram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com