Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam
agustus

Digagas Sandiaga Uno! Gekrafs Kalsel Resmi Dilantik, Berikut Programnya untuk Banua

Pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bisa semakin bermasyarakat. Keadaan ini dibarengi dengan dilantiknya...
- Apahabar.com     Minggu, 24 Juli 2022 - 15:51 WITA

Digagas Sandiaga Uno! Gekrafs Kalsel Resmi Dilantik, Berikut Programnya untuk Banua

Pelantikan pengurus DPW Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kalsel di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Sabtu (23/7) kemarin. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bisa semakin bermasyarakat.

Keadaan ini dibarengi dengan dilantiknya Pengurus DPW Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kalsel di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Sabtu (23/7) kemarin.

Andi Fitri resmi menjadi Ketua DPW Gekrafs Kalsel setelah dilantik oleh Ketua Umum DPP Gekrafs Kawendra Lukistian.

Ia mengatakan bakal memberikan kesempatan kepada para pelaku seni pertunjukkan tradisional. Mulai dari hadrah, kuntau dan kesenian lain. Andi pun berharap bisa semakin memasyarakat.

“Bagaimana daerah lain seperti Jogja mampu mengusung kesenian tradisional sebagai daya tarik tersendiri, Kalsel juga memiliki potensi itu,” ujarnya.

Ditambahkan Andi, pihaknya juga fokus perkuat posisi Gekrafs Kalsel agar bisa memiliki kekuatan sendiri dari sisi digitalisasi.

“Kami berkolaborasi dengan berbagai stakeholder ekonomi kreatif,” paparnya lagi.

Andi menambahkan organisasi ini adalah sebuah gerakan. Maka, pihaknya tidak lagi bicara rencana yang akan dilakukan namun sudah bisa berbicara apa yang sudah dilakukan

“Kami coba buat video pariwisata Kalsel dengan potensi sungai. Kami sudah melaksanakan Gekrafs Goes to Campus untuk menggerakkan mahasiswa dan tentu semangat utama yang kami usung yakni ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia,” cetusnya.

Ketua Umum DPP Gekrafs Kawendra Lukistian menceritakan, tiga tahun lalu Gekrafs terbentuk. Saat itu dia dengan Sandiaga Uno berdiskusi tentang keprihatinan terhadap kesenian tradisi.

“Saat itu kami prihatin, kesenian tradisi belum mendapat apresiasi dibandingkan kesenian konvensional. Dari situ tercetus Gekrafs, supaya marwah ekonomi kreatif ini bisa menjadi solusi,” ungkapnya.

Soal ekonomi kreatif yang digadang jadi masa depan Indonesia, Kawendra menjelaskan saat ini PDB ekonomi kreatif Indonesia nomor 3 di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Mimpi Gekrafs, Indonesia bisa menjadi pusat peradaban ekonomi kreatif dunia

“Saya yakin Gekrafs termasuk di Kalsel bisa jadi solusi untuk pelaku ekonomi kreatif, kita harus jadi gerbong kebermanfaatan. Ada potensi, kita doakan ada event internasional digelar di Kalsel, Gekrafs Kalsel harus mengambil peran ini,” pintanya.

Ketua Dewan Pembina DPP Gekrafs Sandiaga Uno berharap Gekrafs Kalsel bisa terus melestarikan budaya dan memajukan ekonomi kreatif di daerah.

Acara pelantikan berlangsung lancar. Hadir sejumlah tokoh di antaranya Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi, Ketua Dewan Pembina BPD Hipmi Kalsel Gusti Ervin serta para tokoh birokrat dan pengusaha Kalsel.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Cuaca Kalsel Hari Ini

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Sejumlah Wilayah Masih Berpotensi Hujan Disertai Petir
DPRD Banjarmasin

Hot Borneo

UU Pindah Ibu Kota Kalsel Terbit: Golkar Gamang, Gerindra Menolak, Harry Wijaya Angkat Bicara
Pembunuhan

Hot Borneo

GEGER! Pemuda Bungur Tapin Tewas Bersimbah Darah
HSU

Hot Borneo

Terungkap Wahid Terima Fee Proyek Rp1,1 Miliar untuk Pembangunan Jalan 2015 Amuntai

Hot Borneo

Kecelakaan Maut di Km 2,5 Palangka Raya, Pejalan Kaki Tewas Ditabrak Pengendara Mobil Tidak Dikenal

Hot Borneo

Hebat! Kafilah FASI Kalsel Lolos Ke Babak Final
Tembuni Dalam Angkot

Hot Borneo

Geger Tembuni Dalam Angkot di Balikpapan, Polisi Buru Pelaku!
Mangrove Balikpapan

Hot Borneo

Demi Smelter, Hutan Mangrove Balikpapan Dibabat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com