Polda Kalsel Respons Desakan IPW Copot AKBP AB Dkk Dukung Perubahan Iklim, PSI Apresiasi Pendaftaran Parpol melalui Sipol Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan
agustus

Dorong Pariwisata, PLN Bangun Dermaga di Kampung Hijau Banjarmasin

- Apahabar.com     Jumat, 1 Juli 2022 - 09:08 WITA

Dorong Pariwisata, PLN Bangun Dermaga di Kampung Hijau Banjarmasin

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng, Sigit Fanani melakukan pemukulan pancang kayu dermaga untuk groundbreaking dermaga Kampung hijau. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ikut mendorong meningkatkan Pariwisata di Kota Banjarmasin, PT PLN (Persero) membangun dermaga representatif untuk wisatawan Kampung Hijau, Sungai Bilu.

Dermaga wisata itu merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng).

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng, Sigit Fanani mengatakan alasan dipilihnya Kampung Hijau sebagai penerima manfaat TJLS PLN untuk memajukan wisata sungai yang ada di Kota Banjarmasin.

Ia berharap, kontribusi PLN dapat mendorong ekonomi masyarakat melalui pariwisata dengan bantuan fasilitas yang dimiliki.

“Sebab, Banjarmasin ini kan dikenal sebagai Kota Wisata Sungai, termasuk Kampung Hijau, jadi dengan dibangunnya dermaga ini banyak yang berkunjung, dan otomatis dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” ucapnya dalam serimoni peresmian dermaga, Rabu (29/6).

Dermaga dengan luas 40 meter persegi itu bakal rampung paling lambat satu bulan setengah. Untuk membangun dan membantu Usaha Mikro Kecil (UMK), PLN mengeluarkan anggaran kurang lebih Rp 200 juta.

“Kita juga memberikan pendampingan bagi pelaku UMK disini, khususnya pengrajin kerupuk udang untuk mendapatkan sertifikasi halal agar produknya bisa lebih diterima lagi di masyarakat,” tambahnya.

Selain mendukung infrastruktur, PLN juga turut memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM di Kampung Hijau untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina pun menyampaikan apresiasinya pada PLN Kalselteng atas inisiasi dermaga untuk Wisata Kampung Hijau.

Ibnu mengatakan adanya dermaga ini bakal daya tarik tersendiri bagi pengunjung, dan akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar, khususnya pelaku usaha mikro kecil.

Dia berharap, setelah adanya pembangunan dermaga wisata ini keasrian Kampung Hijau, tetap dijaga, termasuk pohon Rambai yang ada tidak ditebang melainkan menyatu dengan desain dermaga.

“Kami mengucapkan terima kasih, semoga pembangunannya bisa berjalan cepat agar masyarakat juga segera bisa memanfaatkan fasilitas yang dibangun,” tandas Ibnu Sina.

Acara tersebut juga diwarnai pemukulan pancang kayu dermaga untuk groundbreaking secara resmi dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, menandai dimulainya pengerjaan dermaga wisata di lokasi tersebut.

Pihaknya berharap, ketika Dermaga sudah rampung, bisa Diresmikan langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hari Pohon Sedunia

PLN UIKI Kalselteng

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Tanam Bibit Pohon Produktif
Wali Kota Ibnu Sina

PLN UIKI Kalselteng

Mengetes Motor Listrik, Ibnu Sina Bersama Kapolresta Banjarmasin dan Para Lurah Keliling Kota
PLN

Hot Borneo

Jalankan Program TJSL, PLN Serahkan Bantuan Fasilitas Pendidikan Sekolah

PLN UIKI Kalselteng

Ekonomi Bangkit, Konsumsi Listrik Tumbuh 3,61 Persen pada Kuartal 1 2022
PLN

PLN UIKI Kalselteng

PLN Gandeng Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Paparkan Hasil Uji Sampel FABA di Pulang Pisau
PLN UIW Kalselteng

PLN UIKI Kalselteng

Dengan Layanan Prima, PLN Dorong Geliat Ekonomi di Kalselteng

PLN UIKI Kalselteng

Jhonlin Group Dukung Pembangunan SUTT 150 kV Batulicin – Tarjun

PLN UIKI Kalselteng

PLN Edukasi Masyarakat di Sekitar PLTU Pulang Pisau tentang Pemanfaatan Limbah Batu Bara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com