Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022
agustus

Enam Gunung Api Setinggi Semeru Ditemukan di Dasar Laut Banda

- Apahabar.com     Jumat, 22 Juli 2022 - 12:34 WITA

Enam Gunung Api Setinggi Semeru Ditemukan di Dasar Laut Banda

Gunung Banda yang menjadi gunung berapi sekaligus pulau di Laut Banda. Foto: Shutter Stock

apahabar.com, JAKARTA – Fakta mengejutkan ditemukan oleh Ekspedisi Jala Citra 2-2022 ‘Banda’ Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut di Laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Mereka menemukan pegunungan enam gunung berapi yang rata-rata memiliki ketinggian setara Gunung Semeru. Diketahui Semeru di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

“Ditemukan enam gunung yang tidak kecil, karena setinggi 3.400 meter,” papar Komandan Pusat Hidro-Oseanografi AL Danpushidrosal TNI AL, Laksya TNI Nurhidayat, seperti dilansir CNN, Jumat (22/7).

“Ketinggian 3.400 meter itu hampir sama dengan Gunung Semeru. Kalau efek getaran Gunung Semeru sudah sedemikian terasa, bagaimana kalau gunung-gunung di Laut Banda bergetar?” imbuhnya.

Ekspedisi Jala Citra 2-2022 ‘Banda’ Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut melakukan melakukan pelayaran selama 35 hari, setelah dilepas Menteri Kelautan dan Perikanan dan Kepala Staf Angkatan Laut, Sabtu (16/7).

Namun demikian, hasil ekspedisi belum menyimpulkan status keenam gunung tersebut. Penyebabnya mereka terkendala cuaca buruk dan gelombang tinggi, sehingga beberapa sampel belum berhasil diangkat dari bawah permukaan laut.

“Belum diketahui soal aktif atau pasif keenam gunung itu. Namun bisa dibayangkan efek yang dihasilkan, kalau seandainya gunung itu beraktivitas,” beber Nurhidayat

Dari enam gunung berapi yang ditemukan di bawah Laut Banda, dua di antaranya sudah diberi nama. Angkatan Laut pun meminta Pemkab Maluku Tengah memberikan usulan, sehingga nama-nama tersebut dikirim ke Unisco untuk disidangkan.

Sebagai laut terdalam di Indonesia, Laut Banda merupakan kaldera besar, penuh misteri dan kompleks, lantaran berada di dua lempeng utama bumi.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Garuda

News

Garuda Indonesia Dapat PMN Rp7,5 Triliun, Dirut: Untuk Bayar Utang

News

Punya Segudang Ponpes, Kalsel Perlu Wirausaha Santri
Perang

News

Menlu RI: Belum Ada Tanda Perang Rusia-Ukraina Akan Berakhir

News

Polisi Tembak Polisi di Perumahan Pejabat Polri, Satu Orang Tewas
Bos PStore

News

Hari Ini, Bos PStore Jalani Sidang Vonis Kasus Penganiayaan!

News

Membanggakan, Anak Penjual Ikan Sukses Jadi Kades di Kotabaru
Honorer

News

RESMI! Pemerintah Hapus Tenaga Honorer 2023
Bansos

News

Sri Mulyani Tambah Anggaran Bansos Jadi Rp431,5 Triliun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com