Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

Fakta Baru Tragedi Alfamart Gambut: Pondasi Pakai “Kearifan Lokal” Galam 

Pemerintah menemukan jika pondasi Alfamart yang ambruk menggunakan pancangan galam. Kayu yang umumnya digunakan sebagai tiang sementara.
- Apahabar.com     Sabtu, 23 Juli 2022 - 06:20 WITA

Fakta Baru Tragedi Alfamart Gambut: Pondasi Pakai “Kearifan Lokal” Galam 

Petugas gabungan ketika berjibaku mengevakuasi bangunan Alfamart yang ambruk di Km 14, Gambut, Kabupaten Banjar, 18 April 2022. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, MARTAPURA – Sudah tiga bulan berlalu, penyebab tragedi Alfamart ambruk di Kilometer 14, Gambut, Kabupaten Banjar belum juga terungkap.

Kendati begitu, penyelidikan tim kepolisian maupun pemerintah mengenai penyebab gagalnya konstruksi bangunan tiga lantai tersebut mulai menemukan titik terang.

Awal Juli tadi, misalnya, hasil penelitian dari Laboratorium Forensik Polri telah keluar. Meski, Polres Banjar belum mau buru-buru membukanya ke publik.

Menggandeng akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan lembaga independen Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo), mereka memilih melanjutkan penyelidikan.

“Tunggu saja nanti hasilnya, saat ini masih proses,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Banjar Iptu Fransiskus Manaan dihubungi apahabar.com, baru tadi.

Lain lagi dengan Pemkab Banjar. Penelitian tim ahli mereka berhenti di tengah jalan. Itu setelah keluarnya perintah dari Kementerian PUPR agar kasus ini diambil alih oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional.

“Penelitian guna menyimpulkan sebab gagalnya konstruksi bangunan,” ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Banjar, HM Riza Dauly kepada apahabar.com.

Tim LPJK, kata Riza Dauly mulai turun langsung ke lapangan melakukan penelitian pada Juli ini.

“Mereka melihat lagi kondisi lapangan dan mengumpulkan dokumen-dokumen administrasi dan kelengkapan lainnya dari bangunan tersebut,” terang Riza.

@apahabarcom

Video Korban Ambruknya Alfamart Gambut Sujud Ramai Dibagikan Warganet

♬ suara asli – apahabar.com – apahabar.com

Ada lima unsur di dalam Tim LPJK. Beranggotakan 5 orang, di antaranya unsur teknik sipil struktur bangunan, arsitektur, maupun geoteknik.

“Yang diterjunkan adalah guru besar di bidang masing-masing, ada dari ULM, Universitas Palangka Raya, ITS, dan UGM,” sambungnya lagi.

Disinggung mengenai struktur bawah pondasi, kepala Bappedalitbang Banjar ini mengungkap dokumen pondasi Alfamart yang ambruk menggunakan pancangan kayu galam.

Kayu putih ini kerap digunakan sebagai pondasi menggantikan posisi besi yang dinilai mudah berkarat, terutama jika terendam air dalam waktu lama.

Kayu yang dikenal dengan sebutan kayu dolken ini dihasilkan dari pohon gelam yang biasanya tumbuh hingga 12 meter. Kendati memiliki daya tahan bagus, kayu ini dikenal berukuran kecil. Karenanya, warga sering menggunakannya sekadar pembuatan pagar serta tiang sementara pada bangunan.

“Menggunakan teknik pondasi kearifan lokal [kayu galam]. Cuma perlu dilihat lagi apakah itu mampu menopang beban berat bangunan, itu mereka (LPJK) yang menilai, kita serahkan semua ke mereka,” terang Riza.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa izin awal Alfamart yang ambruk hanya berupa bangunan dua lantai, namun Riza membantahnya.

Riza Dauly mengatakan izin Alfamart yang ambruk sejak awal adalah IMB 3 lantai dengan 3 pintu.

Bangunan ruko tersebut 2 pintu disewa oleh Alfamart, sedang 1 pintunya lagi digunakan untuk toko sparepart.

Ketiganya ambruk sekaligus dalam tragedi 18 April 2022 atau pertengahan Ramadan 1443 hijriah lalu. 14 pengunjung beserta karyawan tertimbun. Nahas, 5 di antaranya tewas.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Purnaguru

Hot Borneo

Sebatang Kara, Purnaguru di Banjarbaru Meninggal Bersimbah Darah
Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Moch Rifa'i

Hot Borneo

Penggerebekan Maut di Banjar, Dua Anggota Polres Banjarbaru Diperiksa
Spanduk penolakan ibu kota Kalsel pindah ke banjarbaru

Hot Borneo

Sudah 85%, Gugatan UU Provinsi Kalsel Segera Didaftar ke MK
Cuaca Kalsel Hari Ini

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah
Ganjar Pranowo

Hot Borneo

Bawa Jateng Lebih Baik, Ratusan Warga Kalsel Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024
Presiden 2024

Hot Borneo

Emak-Emak-Milenial Kalsel Dukung Sandiaga Uno Presiden 2024

Hot Borneo

Warga Pusing, Baru Sehari Surut, Hari Ini Martapura Banjir Lagi
satpol pp kapuas

Hot Borneo

Satpol PP Kapuas Bongkar Bangunan Tak Berizin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com