Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar 
agustus

Gunung Sakurajima Erupsi, KBRI Tokyo Imbau WNI Waspadai Letusan Susulan

Kedutaan Besar RI di Tokyo mengimbau warga negara Indonesia (WNI) di Jepang untuk tetap berhati-hati atas kemungkinan letusan susulan...
- Apahabar.com     Selasa, 26 Juli 2022 - 09:50 WITA

Gunung Sakurajima Erupsi, KBRI Tokyo Imbau WNI Waspadai Letusan Susulan

Gunung Sakurajima yang berada di Prefektur Kagoshima, yakni sekitar 960 kilometer dari Tokyo erupsi. Foto-Reuters via Okezone.com

apahabar.com, JAKARTA – Kedutaan Besar RI di Tokyo mengimbau warga negara Indonesia (WNI) di Jepang untuk tetap berhati-hati atas kemungkinan letusan susulan Gunung Sakurajima.

“Berdasarkan informasi yang masuk, tidak ada WNI yang terdampak letusan gunung tersebut,” kata Direktur Pelindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha seperti dilansir Antara, Selasa (26/7).

Gunung Sakurajima sebelumnya erupsi pada Minggu (24/7) pada pukul 20.05 waktu setempat. Gunung Sakurajima berada di Prefektur Kagoshima, yakni sekitar 960 kilometer dari Tokyo.

Setelah terjadi erupsi gunung Sakurajima, KBRI Tokyo segera menghubungi simpul-simpul masyarakat WNI di Prefektur Kagoshima.

Selanjutnya KBRI Tokyo juga menyampaikan kepada WNI untuk segera menghubungi hotline KBRI Tokyo pada nomor +81 80-3506-8612 jika mengalami keadaan darurat.

Dalam database KBRI Tokyo, terdapat 566 WNI yang tinggal di prefektur Kagoshima.

Gunung berapi di Sakurajima, Prefektur Kagoshima, Barat daya Jepang, mengalami erupsi pada Senin dini hari untuk kedua kalinya dalam dua hari berturut-turut, sehingga Badan Meteorologi Jepang memberlakukan tingkat kewaspadaan tinggi.

Belum ada laporan kerusakan saat gunung meletus kemarin, ketika Badan Meteorologi Jepang meningkatkan peringatan erupsi pada level tertinggi untuk gunung berapi Sakurajima.

Setelah terjadi letusan pada Minggu pukul 8.05 malam waktu setempat, badan meteorologi Jepang meningkatkan peringatan erupsi dari level 3 menjadi level 5 dalam skala 5 poin, mengimbau masyarakat untuk evakuasi.

Jepang untuk pertama kalinya mengeluarkan peringatan level 5 untuk letusan gunung berapi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

SNMPTN Banjarmasin

Hot Borneo

Cerita Gadis IKN Nusantara Lulus Seleksi ULM Banjarmasin: Terinspirasi Pandemi

News

Bareskrim Polri Tetapkan Mantan dan Presiden ACT Jadi Tersangka
jurnalis al jazeera

News

Kutuk Pembunuhan Jurnalis Al Jazeera, Indonesia Desak Israel Hentikan Pendudukan di Palestina
Perang

News

Ukraina Klaim Serangan Drone Hancurkan Kapal Milik Rusia di Laut Hitam
Polres Banjarbaru

News

Congrats! Polres Banjarbaru Sabet Predikat A Pelayanan Publik 2021
Salman

News

Sssttt…Penyerang Salman Rushdie Diduga Terafiliasi dengan Iran
Whatsapp

News

Setop Instal Whatsapp GB, Kenapa?
Malaysia

News

Klarifikasi Kedubes Malaysia Terkait 149 TKI Tewas di Tahanan Imigrasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com