Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam
agustus

Hadiri KKN Kebangsaan, Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tiba di Palangka Raya

- Apahabar.com     Sabtu, 16 Juli 2022 - 22:21 WITA

Hadiri KKN Kebangsaan, Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tiba di Palangka Raya

Penyambutan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Provinsi Kalteng ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022.

Pada kegiatan yang akan dilaksanakan di Universitas Palangka Raya, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Dudung Abdurrachman dijadwalkan menjadi pemateri.

Event nasional ini sendiri akan berlangsung mulai tanggal 16 Juli hingga 31 Agustus 2022 mendatang yang diikuti oleh 87 perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendarat di Palangka Raya, Sabtu (16/7) malam.

Ia disambut langsung Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto, serta Ketua DAD Kalteng H Agustiar Sabran.

Rektor Universitas Negeri Palangka Raya (UPR), Dr Andrie Elia di sela-sela penjemputan kepada awak media mengungkapkan bahwa pembukaan kegiatan KKN Kebangsaan ini akan dilaksanakan di Stadion Mini UPR, Jalan Yos Sudarso Palangka Raya.

“Karena Kalteng adalah menjadi tuan rumah penyelenggara, kita berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Selain itu, di samping kegiatan KKN Kebangsaan ini Universitas Negeri Palangka Raya juga sekaligus menjadi Tuan Rumah pelaksanaan KKN Bersama BKS–PTN (Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat.

“Kegiatan Seminar Kebangsaan juga akan digelar pada tanggal 17-19 Juli 2022, yang rencananya akan dihadiri beberapa tokoh nasional sebagai narasumber” bebernya.

Adapun tokoh-tokoh nasional tersebut, di antaranya Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, KASAD TNI Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan beberapa tokoh lainnya. Kemudian, ada 78 Rektor berbagai universitas yang akan menghadiri acara tersebut.

Tema yang diusung dalam KKN Kebangsaan ke 10 Tahun 2022 ini adalah “Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional”.

Sebagaimana diketahui, Huma Betang ini merupakan filosofi hidup Suku Dayak, yang merepresentasikan nilai gotong royong, kebersamaan, toleransi, rukun, dan hidup berdampingan.

“Tentunya kita berharap dampak dari kegiatan KKN Kebangsaan ini akan memberi kontribusi positif bagi pembangunan di Kalimantan Tengah, Karena ini menjadi agenda yang bisa mem-branding Kalimantan Tengah melalui dunia pendidikan,” tandasnya.

Untuk diketahui, KKN Kebangsaan Tahun 2022 di Kalimantan Tengah akan diikuti oleh para mahasiswa dari 85 Perguruan Tinggi Negeri di Tanah Air, masing-masing sebanyak 10 orang perwakilan. Peserta KKN Kebangsaan merupakan mahasiswa dan mahasiswi yang telah lulus seleksi KKN Kebangsaan oleh tiap-tiap perguruan tinggi.

KKN Kebangsaan itu dilaksanakan di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau yang tersebar di 46 desa yang berada di 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Petak, Kapuas Timur, Kapuas Hilir, Kapuas Barat, Selat, dan Dadahup.

Sementara itu, di Pulang Pisau, lokasi tersebar di 36 desa yang berada di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Maliku, Pandih Batu, dan Jabiren Raya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pariwisata

Hot Borneo

Duta Pariwisata Tabalong Pamerkan Pakaian Dayak Dari Kulit Kayu
Barito Putera

Hot Borneo

Kejutan, Barito Putera Bakal Boyong Kapten Timnas Filipina Mike Ott?
Banjarmasin

Hot Borneo

Kronologis Lengkap Kebakaran di Gang Purnawirawan Banjarmasin

Hot Borneo

Waduh… Banyak Perusahaan Kelapa Sawit di Kalsel Abaikan Sertifikat ISPO

Hot Borneo

Kecanduan Gawai, 2 Anak di Palangka Raya Terkena Stroke Ringan

Hot Borneo

Mengenal Pola 4A Dalam Pemadaman Kebakaran di Sungai Sipai Martapura

Hot Borneo

Kecelakaan Maut di Sungai Tunjang Batola, Dua Pemotor Tewas

Hot Borneo

Buru Pelaku Pembunuhan di Pangelak Tabalong, Polisi Temukan Benda Mengejutkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com