Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Lontar Jamrah di Jamarot, Kemenag: Jemaah Kalselteng Aman

- Apahabar.com     Selasa, 12 Juli 2022 - 00:57 WITA

Lontar Jamrah di Jamarot, Kemenag: Jemaah Kalselteng Aman

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin saat memimpin lempar jamrah hari kedua dan mengunjungi jemaah haji di tenda Mina, Senin (11/7). Foto-Foto: Humas Kemenag Kalsel via Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Rombongan haji embarkasi Banjarmasin telah selesai menunaikan lontar jamrah di Jamarot, Arab Saudi, pada hari kedua prosesi haji, Senin (11/7).

“Kita ingin mengajak jemaah haji untuk tetap semangat dan bahagia melaksanakan setiap rangkaian ibadah haji,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin yang memimpin langsung prosesi lontar jamrah, Senin (11/7), dikutip apahabar.com dari Antara.

“Misalnya hari ini, kita laksanakan secara bersama-sama agar dapat saling menjaga dan bekerjasama,” sambungnya melaporkan langsung dari Arab Saudi.

Rombongan, kata Tambrin, harus menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer sebelum menunaikan prosesi lontar jamrah tersebut.

Tenda jemaah haji embarkasi Banjarmasin berada dekat muara terowongan Mina, maka rombongan harus berangkat pukul 05.00 waktu Arab Saudi (WAS).

“Kami berangkat usai melaksanakan salat subuh di tenda atau musala yang tersedia dekat tenda di Mina sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” katanya.

Haji Kalsel

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin saat memimpin lempar jamrah hari kedua dan mengunjungi jemaah haji di tenda Mina, Senin (11/7).

Menurut Tambrin, penting bagi para petugas untuk selalu menunjukkan sikap semangat dalam memimpin setiap rangkaian ibadah.

Sebab, hal itu dinilai bisa membangkitkan rasa percaya diri bagi jemaah haji untuk dapat menunaikan segala aktivitas ibadahnya dengan baik.

“Harus selalu bersemangat, akan tetapi perlu diingat untuk selalu jujur terhadap kondisi kesehatan diri jangan memaksakan ke Jamarot jika tidak dalam kondisi yang prima,” katanya.

Secara umum, katanya, jemaah haji Embarkasi Banjarmasin sehat, sebab secara langsung dirinya sudah bersilaturahmi ke tenda-tenda di Mina.

“Alhamdulillah, dari tenda ke tenda jemaah haji di Mina yang saya kunjungi semua tampak gembira dan dalam kondisi yang sehat walafiat,” kata Tambrin.

Kondisi bahagia dari jemaah haji tersebut merupakan sebagian dari gambaran bahwa mereka selama ini sudah terlayani dengan baik khususnya di fase Armina ini.

“Mereka semua dalam keadaan sehat dan tetap kompak, kami berharap kondisi ini terus terjaga dengan baik,” ujarnya.

Tambrin tetap mengimbau kepada para jemaah haji agar jangan memaksakan diri untuk melontar jamrah secara mandiri apalagi punya riwayat penyakit risiko tinggi .

“Diusahakan untuk dapat pergi ke Jamarot secara berkelompok sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” kata Tambrin yang dapat tugas khusus dari Menteri Agama RI sebagai pengendali haji Indonesia di Arab Saudi.

Sekadar tahu, jemaah haji Embarkasi Banjarmasin berjumlah 7 kloter terdiri dari 4 kloter dari Kalsel, 2 kloter dari Kalimantan Tengah dan 1 kloter gabungan jemaah dari Kalsel dan Kalteng (Kalselteng). Total haji sekitar 2.470 orang.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

guest house

Hot Borneo

Guest House di Tapin Terbakar, Kerugian Ditaksir Lebih Seratus Juta
Kemenag Banjarbaru

Hot Borneo

Tak Batalkan Puasa, Kemenag Banjarbaru Dukung Vaksinasi di Bulan Ramadan
Mutilasi Banjar

Hot Borneo

Fakta Bocah Banjar Tinggal Tulang: Disekap, Diperkosa Lalu Dimutilasi Sepupu Sendiri!

Hot Borneo

Edarkan Sabu, Warga Kaltim Dibekuk Polisi Kotabaru di Perbatasan

Hot Borneo

Silaturahmi dengan Sobat Anies, Dit Intelkam Polda Kalsel Sampaikan Pesan Kamtibmas
indekos ambles

Hot Borneo

Sudah Lama Bunyi Retak, Akhirnya Indekos Putri di Mahat Kasan Banjarmasin Ambles
Jasad Farhansyah tergeletak di Jalan Ahmad Yani. Foto-Istimewa.

Hot Borneo

Ditemukan Meninggal di Jalan A Yani Banjarmasin, Kakek Farhansyah Setengah Bulan Tak Pulang ke Rumah
Pasar Wadai Ramadan Banjarbaru

Hot Borneo

Usung Konsep Berbeda, Pasar Wadai Ramadan Banjarbaru Diserbu Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com