Polda Kalsel Respons Desakan IPW Copot AKBP AB Dkk Dukung Perubahan Iklim, PSI Apresiasi Pendaftaran Parpol melalui Sipol Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan
agustus

Indonesia Textile Summit 2022 Peringati 100 Tahun Pendidikan Tekstil di Indonesia

- Apahabar.com     Sabtu, 30 Juli 2022 - 21:56 WITA

Indonesia Textile Summit 2022 Peringati 100 Tahun Pendidikan Tekstil di Indonesia

Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian, Dody Widodo saat menghadiri Indonesia Textile Summit 2022. Foto: Apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia Textile Summit 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian, Politeknik STTT, dan Balai Besar Tekstil merupakan rangkaian puncak dari peringatan 100 tahun pendidikan tekstil di Indonesia.  Acara ini dilangsungkan di Politek Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (Politek ST3) Bandung, Sabtu, 30 Juli 2022.

Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian, Dody Widodo menjelaskan dengan mengusung tema Satu Abad Kejayaan Tekstil Indonesia mengingatkan bahwa Industri tekstil Indonesia sudah dimulai sejak penggunaan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Aktivitas tersebut sudah dimulai sejak berdirinya Textile Inrichting Bandung oleh Belanda di tahun 1922.

“Indonesia memulai dengan ATBM yang dari gedokan dengan ATBM sehingga pada tahun ini kita mencapai 100 tahun untuk kejayaannya,” ujarnya saat menyampaikan pidato pembukaan di Aula Politek ST3, Sabtu (30/7/2022).

Dody mengungkapkan industri tekstil saat ini merupakan industri yang menjadi tulang punggung perekonomian. Bahkan, saat ini menempati posisi kelima memberikan kontribusi sebesar 5,51 persen dari total ekspor Indonesia tahun ini. Selain itu tingkat utilisasi di awal pandemi Covid-19 yang sempat terpuruk pada sebesar 30 persen, kini utilisasinya mengalami kenaikan sebesar 67 persen.

“Oleh karena itu kita sebagai alumni dari industri sekolah tinggi tekstil yang menjadi salah satu tulang punggung kejayaan industri tekstil ini seharusnya menjadi sebuah kebanggaan,” pungkasnya. (Thomas)

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Haji 2019; Satu Calon Jemaah Haji Meninggal di Pesawat
Penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Foto-Kompas.com/Achmad Faizal

Nasional

Mau ke Luar Negeri? Pemerintah Siapkan Karantina Terpusat di Surabaya

Nasional

Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Timur Tengah, Polda Metro Sita 1,129 Ton Sabu
Gunung Sinabung

Nasional

Erupsi Gunung Sinabung, Abu Vulkanik Menyembur Setinggi 1.000 Meter

Nasional

PP Muhammadiyah: Keliru Nilai Din Syamsuddin Radikal
apahabar.com

Nasional

Cegah Indikasi Penimbunan Masker dan Antiseptik, Polres Banjarbaru Intens Lakukan Pengawasan
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro menyampaikan keterangan pers tentang update kondisi Covid-19 di Indonesia

Nasional

Pemerintah Terapkan Aturan Wajib Booster untuk Syarat Bepergian
Erick Thohir

Nasional

Erick Thohir Targetkan BSI masuk 10 Besar Bank Syariah Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com