Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Intimidasi Jurnalis saat Liput Rumah Sambo, Oknum Polisi Diamankan

- Apahabar.com     Jumat, 15 Juli 2022 - 19:23 WITA

Intimidasi Jurnalis saat Liput Rumah Sambo, Oknum Polisi Diamankan

Ilustrasi polisi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Polri mengamankan polisi yang mengintimidasi wartawan saat meliput kasus penembakan Brigadir J di sekitar Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (14/7) siang.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan polisi pelaku intimidasi tersebut bakal langsung ditindak Biro Provos Divisi Propam Polri.

“Anggota yang melakukan intimidasi kepada teman-teman jurnalis yang melakukan tugas-tugas jurnalistik sudah diketemukan dan akan ditindak tegas oleh Karo Provos,” kata Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/7).

Polisi akan menyampaikan secara berkala tindaklanjut perkara ini kepada pihak CNNIndonesia.com dan detiknetwork.

Mabes Polri hari ini juga telah bertemu dan berkomunikasi dan dengan perusahaan media yang wartawannya menjadi korban intimidasi.

Dedi berkomunikasi dengan CEO detiknetwork Abdul Aziz, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, Wapemred CNNIndonesia.com Ike Agestu dan Wapemred detikcom Elvan Dany Sutrisno.

Dalam pertemuan itu, Dedi menyampaikan kekecewaannya atas perilaku anggota polisi di lapangan yang mengintimidasi wartawan. Ia berkata polisi seharusnya tahu bahwa kerja jurnalis dilindungi undang-undang dan tak boleh diintervensi.

Atas dasar itu Dedi mengaku akan merancang arahan kepada personel polisi agar mengetahui dasar-dasar kerja wartawan di lapangan saat meliput suatu peristiwa.

“Kami sudah punya pengalaman, bagaimana kami berkomunikasi dengan teman-teman media. Di tahun 2018, di tahun 2019 kejadian-kejadian seperti ini pun pernah terjadi. Bahkan lebih keras lagi, ke depannya kita harapkan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi dan kita mitigasi bersama,” tambah dia.

Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari berharap polisi serius dan berkomitmen mencegah terulangnya intimidasi terhadap jurnalis. Titin juga meminta kasus intimidasi ini diusut tuntas.

“Kasus ini akan ditindaklanjuti dengan proper, dengan baik dan kami akan mengawal itu,” ucap Titin.

Titin juga menambahkan, kasus intimidasi terhadap jurnalis CNN Indonesia bukan pertama kali terjadi. CNN Indonesia sempat melaporkan kasus intimidasi, dan kekerasan aparat kepada jurnalis yang bertugas pada Mei 2019 dan Oktober 2020 lalu.

“Sayangnya tidak tuntas, tidak tahu hasilnya seperti apa. Padahal kejadiannya mengakibatkan selain secara psikologi ke kru kami menimbulkan trauma,” ujarnya.

Terbaru, intimidasi terhadap wartawan CNNIndonesia.com dan 20Detik terjadi Kamis (14/7) kemarin. Saat itu keduanya sedang mewawancarai petugas kebersihan di sekitar Kompleks Polri Duren Tiga, Asep, untuk mendalami kasus penembakan di rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Saat wawancara berlangsung tiga orang berbaju hitam, berbadan tegap dan berambut cepak secara tiba-tiba muncul dari arah belakang mengendarai sepeda motor. Mereka langsung menghentikan wawancara.

Ketiganya tanpa mengenalkan identitas lalu merampas ponsel dua jurnalis tersebut. Mereka secara sepihak memeriksa ponsel, menghapus sejumlah foto, video, dan hasil wawancara. Mereka juga memeriksa seisi tas kedua jurnalis CNN Indonesia dan Detik.

Sejumlah dokumen yang dihapus tersebut merupakan hasil peliputan kasus baku tembak antara dua ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di sekitar kediaman yang bersangkutan.

Pasca kejadian baku tembak itu, polisi kian memperketat pengawasan di sekitar kediaman jenderal polisi bintang dua tersebut. Polisi pun sempat melarang wartawan mengambil gambar di satu sisi rumah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jemaah Haji

News

11 Juni, Jemaah Haji Banjar Mulai Diberangkatkan
PDAM Bandarmasih

News

BLF Gugat PDAM Bandarmasih, Jika Tak Perbaiki Kinerja Setelah Perseroda
Harga Minyak

News

Di Tengah Ketidakpastian Pasar Energi Global, Harga Minyak Melonjak
Mahulu

News

Ketika Bahasa Asli Kaltim Urgen Direvitalisasi
Minyak dunia

News

Minyak Turun Tipis di Tengah Kesepakatan OPEC
Bandara Syamsuddin Noor

News

Kado Spesial HUT, Bandara Syamsudin Noor Jadi Salah Satu Terbaik Dunia
cuaca kalsel

News

Hujan Tetap Terjadi di Musim Kemarau di Indonesia, BMKG Beri Penjelasan

News

87 Ribu Keluarga Miskin di Kalteng Bakal Dapat Bantuan STB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com