Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Jelang Iduladha, Bupati Tala: Peternak Jangan Panik Soal PMK

Bupati Tala HM Sukamta telah menginstruksikan vaksinasi secara massal, mengerahkan dokter hingga penyuluh agar peternak semakin tenang.
- Apahabar.com     Senin, 4 Juli 2022 - 18:22 WITA

Jelang Iduladha, Bupati Tala: Peternak Jangan Panik Soal PMK

Bupati Tala HM Sukamta saat Paripurna penyampan tanggapan terhadap fraksi DPRD tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021, Senin (5/7). Foto-Istimewa.

apahabar.com, PELAIHARI – Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta meminta peternak tidak panik menghadapi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sukamta menegaskan, dinas teknis sudah melakukan pengobatan dan pencegahan secara intensif. Ia ingin tidak ada kepanikan berlebih yang dialami oleh peternak.

Orang nomor satu di Tala itu bahkan mengajak para legislator agar membantu menenangkan para peternak saat menyampaikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi atas Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021, pada Rapat Paripurna, Senin (4/7/2022).

“Mari kita sampaikan ke peternak, penyakit ini tidak mematikan sebagaimana penyakit Jembrana. Tentu, harus dibarengi dengan kebersihan kandang dan perawatan dengan baik,” jelas Sukamta.

Dirinya bahkan telah menginstruksikan vaksinasi secara massal harus dijalankan dengan target harian. Dokter hingga penyuluh dapat dikerahkan dalam menjalankan Instruksi ini agar masyarakat khususnya peternak semakin tenang.

“Target harian sebanyak 2000 vaksin. Jika vaksin tidak cukup, saya bersama wakil bupati yang akan menghadap menteri meminta vaksin. Karena kita berpacu dengan waktu,” ucapnya yang disambut tepuk tangan para wakil rakyat.

Sukamta juga membeberkan kebijakan mengenai pengiriman hewan kurban yang akan disiapkan menjelang Hari Raya Idul Adha nanti. Ia ingin hewan ternak dari Tala harus satu hari sebelum pemotongan baru dikirim.

“Kita tidak ingin Tala dianggap sebagai daerah penularan PMK hanya karena hewan yang dikirim terlalu cepat ke daerah tujuan yang padahal terinfeksi PMK di daerah itu,” beber bupati.

Agenda rapat paripurna ini penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Tala terhadap Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

UMKM Tala

Pemkab Tanah Laut

UMKM Tanah Laut Siap Melejit Hingga Sokong IKN Nusantara
Tanah laut

Pemkab Tanah Laut

Marak, Dinsos Tala Rangkul Anak Jalanan & Pengamen-Pengemis
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Cuaca Tak Menentu, Bupati Tala Atensi Munculnya Ancaman Malaria
Bupati Tala HM Sukamta

Pemkab Tanah Laut

Warga Gunung Raja Manfaatkan MTP Sampaikan Aspirasi
Penyuluhan Dinkes Tala

Pemkab Tanah Laut

Dinkes Tala Dorong UMKM Miliki Sertifikat Agar Dapat Izin P-IRT
Apel gabungan Tala

Pemkab Tanah Laut

Hasil Penilaian Kinerja SKPD Tala, Disdukcapil Terbaik
Bupati Tala

Pemkab Tanah Laut

Bupati Tala Beri Penghargaan 10 Desa dan Badan Usaha yang Taat Pajak
Pelantikan Pejabat Tala

Pemkab Tanah Laut

Tembang Chrisye ‘Ketika Tangan dan Kaki Berkata’ Iringi Pelantikan Pejabat Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com