Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Jokowi Coret 8 PSN, Termasuk Kereta Api Puruk Cahu-Batanjung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoret delapan proyek dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun ini.
- Apahabar.com     Rabu, 27 Juli 2022 - 20:01 WITA

Jokowi Coret 8 PSN, Termasuk Kereta Api Puruk Cahu-Batanjung

Ilustrasi Kereta Api. Foto-Rimanews

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoret delapan proyek dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun ini.

Dari Bendungan Tiro di Aceh hingga Kereta Api Puruk Cahu-Batanjung di Kalimantan Timur.

Pemerintah mencatat setidaknya terdapat 14 proyek yang tidak memiliki kemajuan hingga tahun 2024, dan melanjutkan 6 proyek yang masih membutuhkan perpanjangan sebagai PSN.

Dari 14 proyek tersebut, hanya saja, kata Wahyu, yang akan dikeluarkan dari target PSN Jokowi di tahun ini ada delapan proyek.

“Beberapa proyek yang dikeluarkan diantaranya adalah Bendungan Tiro di Aceh, KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Inland Waterways Cikarang-Bekasi Laut (CBL), Bandara Bali Utara, Kereta Api Puruk Cahu-Batanjung melalui Bangkuang di Kalimantan Timur,” ucap Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian dinukil CNBC, Rabu (27/7).

“Itu sudah diberi warning perpanjangan, tapi tidak ada progress sehingga dikeluarkan,” jelas Wahyu.

Wahyu menjelaskan, dikeluarkannya 8 proyek tersebut dari PSN pemerintah, salah satunya dikarenakan kurangnya dukungan masyarakat sekitar dalam pembangunan proyek tersebut.

“Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, untuk mengeluarkan program/proyek yang belum jelas pembiayaannya dan tidak dipastikan waktu penyelesaian dari daftar PSN,” jelasnya.

Adapun, untuk proyek Bendungan Tiro di Aceh dikeluarkan, salah satu alasannya karena masyarakat setempat tidak setuju dengan pembangunan bendungan tersebut.
“Ini tidak akan bisa dipaksakan, sehingga kita keluarkan dan Kementerian PUPR sedang mencari opsi yang lain,” ujarnya.

Adapun dua program baru yang akan masuk ke dalam target PSN pemerintah, kata Wahyu seperti misalnya proyek hilirisasi yang kriterianya menciptakan lapangan kerja dan satu Kawasan Ekonomi Khusus.

“Yang baru adalah project-project yang kriterianya menciptakan lapangan kerja. Contohnya pemanfaatan hilirisasi, ini pure swasta dan tak perlu APBN. Ini kita dorong,” jelas Wahyu.

“Kemudian Kawasan Ekonomi Khusus, karena berdasarkan Undang-Undang Cipta Kerja, KEK itu disertakan sebagai PSN. Sehingga ini mengaitkan saja ke dalam PSN,” tutur Wahyu lagi. Namun wahyu tak merinci, apa saja dua proyek baru tersebut yang rencananya akan masuk di dalam target PSN pemerintah.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, perubahan daftar PSN tersebut, kata Wahyu akan mengubah Peraturan Menko Perekonomian (Permenko) Nomor 7 Tahun 2021, menjadi Peraturan Menko Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022.

“Kita telah melakukan evaluasi, ada beberapa project yang kita keluarkan dan project dinilai sangat strategis dan tidak menggunakan APBN, dan ini tetap akan dimasukan. Karena kita berhitung bisa selesai sebelum 2024 dan akan menambah potensi penyerapan tenaga kerja,” jelas Wahyu.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Hari Kedua Pencarian, Pria yang Melompat ke Sungai Martapura Belum Ditemukan
Demokrat Tanah Bumbu

Hot Borneo

Pileg 2024, Demokrat Tanah Bumbu Targetkan Satu Kursi di Setiap Dapil
Tabalong

Hot Borneo

TERUNGKAP! Biang Getaran yang Disebut-sebut Gempa Bumi di Tabalong
Kebakaran di Barabai

Hot Borneo

Amuk Si Jago Merah di Barabai, Foto Ulama dan Kitab Selamat
Siring Laut Kotabaru

Hot Borneo

Malam Terakhir Libur Lebaran, Wisata Siring Laut Kotabaru ‘Diserbu’ Pengunjung
Kobra Jawa

Hot Borneo

Mantan Kepala Kemenag Banjar Dikejutkan Ular Kobra di Bawah Lemari Kitab

Hot Borneo

Brukk, Truk Blong di Kotabaru Sambar Pengendara Mio
Bank Kalsel

Hot Borneo

Penyertaan Modal ke Bank Kalsel Ditunda, Simak Alasannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com