Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan Tindaklanjuti Instruksi Kapolri, Polda Kalsel Siap Copot Anggota Tersandung Pidana Dari Rekaman CCTV Menunjukkan Putri Candrawathi Ada di Lokasi Pembunuhan
agustus

Jubir Penanganan PMK Menyayangkan Masih Ditemukan Provinsi yang Belum Membentuk Satgas PMK

- Apahabar.com     Selasa, 26 Juli 2022 - 23:53 WITA

Jubir Penanganan PMK Menyayangkan Masih Ditemukan Provinsi yang Belum Membentuk Satgas PMK

Koordinator Tim Pakar Penanganan PMK Wiku Adisasmito.

apahabar.com, JAKARTA – Di tengah upaya pemerintah menanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, masih banyak ditemukan provinsi yang belum membentuk Satuan Tugas Penanganan PMK.

Koordinator Tim Pakar Penanganan PMK Wiku Adisasmito menjelaskan, untuk mendukung para peternak di tengah situasi sulit, serta agar ekonomi mereka dapat kembali pulih. Keberadaan Satgas PMK dinilai sangat penting dalam upaya penanggulangan virus PMK.

“Pembentukan Satgas adalah salah satu langkah penting dalam pengendalian PMK,” ucapnya dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Selasa (26/7/2022).

Wiku Adisasmito mengatakan keberadaan Satgas PMK secara legal tertera dalam Surat Edaran Satgas Penanganan PMK No.1 Tahun 2022 tentang pembentukan satuan tugas penanganan daerah. Satgas tersebut idealnya terdiri dari beberapa unsur mulai dari pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, akademisi, pakar, dan asosiasi masyarakat.

Wiku menyayangkan provinsi yang berada dalam zona merah namun belum membentuk Satgas PMK di antaranya seperti Provinsi Sumatera Barat dan Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Barat, Banten dan DI Yogyakarta.

Kemudian Provinsi yang berada dalam zona kuning di antaranya seperti Provinsi Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan, serta Bangka Belitung. Sedangkan untuk Provinsi Jawa Barat yang merupakan zona merah pembentukan Satgas baru dilakukan di tingkat kabupaten kota tepatnya di Kabupaten Garut.

Adapun provinsi yang seluruh kabupaten kotanya telah membentuk Satgas PMK meliputi, Jawa Tengah, Aceh, Riau, Jambi, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

“Kami menegaskan kembali kepada pemerintah daerah Provinsi serta Kabupaten kota yang wilayahnya terkonfirmasi tertular PMK dan belum membentuk tim Satgas PMK untuk segera melakukan pembentukan Satgas,” tegasnya. (Resti)

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi

Nasional

Menteri hingga Gubernur Dapat Ultimatum Jokowi Soal Laporan BPK

Nasional

Awas! Puncak Kasus Covid-19 di RI Diprediksi 2-3 Minggu ke Depan
apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan FA Tersangka Kasus Penipuan Proyek Asian Games 2018
apahabar.com

Nasional

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan
Varian Covid-19

Nasional

Jokowi Minta Waspadai Kemungkinan Ada Varian Covid-19 Lebih Menular
apahabar.com

Nasional

Eks Prajurit TNI Penembak Polisi di Tala Masih Buron
1812

Nasional

Massa Aksi 1812 Ricuh, Simpatisan Habib Rizieq Shihab Ditangkap
apahabar.com

Nasional

Jokowi Janji Membuat 3.000 BLK Pesantren
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com