Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Kala Kodim Kapuas Manfaatkan Lahan Tidur untuk Tanam Jagung

- Apahabar.com     Senin, 11 Juli 2022 - 22:39 WITA

Kala Kodim Kapuas Manfaatkan Lahan Tidur untuk Tanam Jagung

Kodim 1011/Kapuas manfaatkan lahan tidur sebagai demplot penanaman jagung. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Guna mendukung program ketahanan pangan. Kodim 1011/Kapuas, Kalteng, memanfaatkan ribuan meter persegi lahan tidur sebagai demplot pertanian.

Demplot sendiri metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

Di Kapuas, pemanfaatan lahan tidur tersebut berlokasi di sekitar Masjid Nurul Huda asrama Kodim 1011/Klk Kecamatan Selat, Kapuas. Pemberdayaan lahan tidur dilakukan dengan membuka demplot penanaman jagung.

“Program ini bertujuan untuk membantu Pemda meningkatkan pencapaian pemenuhan hak atas pangan,” kata Dandim 1011/Klk Letkol Kav Ferdiansyah saat melakukan penanaman jagung bersama Kepala Dinas Pertanian Kapuas Yaya dan para anggota Kodim, Senin (11/7).

“Termasuk membantu meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,” imbuhnya.

Ferdiansyah melanjutkan pembangunan demplot pertanian untuk ketahanan pangan merupakan program dari Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

“Di mana satuan komando teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan,” ujarnya.

Untuk itu Dandim 1011/Klk pun mengucapkan terima kasih pada Pemda Kapuas yang telah membantu terlaksananya kegiatan ketahanan pangan tersebut.

“Lahan tidur dan tidak produktif dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan demi mengurangi pembukaan lahan baru yang dapat membantu mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca,” pungkas Ferdiansyah.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Matahari Terbit dari Sebelah Barat

News

Viral Matahari Terbit dari Sebelah Barat, Cek Faktanya!
Warga yang terkena dampak Topan Idai berjalan di tanah banjir di distrik Buzi di luar Beira, Mozambik, 21 Maret 2019. Foto-Antara

News

Ngeri! Badai Ana Terjang Mozambik, Rusak 546 Rumah, 2 Orang Tewas
Koruptor Kalbar

News

Koruptor Kalbar Paling Diburu Jaksa Akhirnya Ditangkap

News

Polisi Tembak Polisi di Perumahan Pejabat Polri, Satu Orang Tewas
Cuaca Kalsel Hari Ini

News

BMKG: Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir
Presiden Uni Emirat Arab

News

Innalillahi… Presiden Uni Emirat Arab Meninggal Dunia
Demo Mahasiswa

News

BEM SI Batal Geruduk Istana, Demo 11 April Geser ke Gedung DPR
Tarawih perdana

News

Catat, Sederet Tips Lawan Kantuk Saat Tarawih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com