Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan Tindaklanjuti Instruksi Kapolri, Polda Kalsel Siap Copot Anggota Tersandung Pidana Dari Rekaman CCTV Menunjukkan Putri Candrawathi Ada di Lokasi Pembunuhan
agustus

Kampung Budaya Tambelan Sampit, Destinasi Wisata Baru di Pontianak

Ada destinasi wisata baru di Pontianak, Kalbar. Tepatnya di Kelurahan Tambelan Sampit, lokasinya berada di tepian Sungai Kapuas.
- Apahabar.com     Minggu, 3 Juli 2022 - 17:12 WITA

Kampung Budaya Tambelan Sampit, Destinasi Wisata Baru di Pontianak

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau Galeri Tambelan Kreasi di Kampung Budaya Tambelan Sampit Pontianak Timur. Foto-Antara.

apahabar.com, PONTIANAK – Ada destinasi wisata baru di Pontianak, Kalbar. Tepatnya di Kelurahan Tambelan Sampit.

Destinasi wisata itu berupa Kampung Budaya Tambelan Sampit, lokasinya berada di tepian Sungai Kapuas, Pontianak.

Dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalengkang Kelurahan Tambelan Sampit, destinasi wisata tersebut salah satunya berupa Galeri Tambelan Kreasi.

Galeri Tambelan Kreasi di Kampung Budaya Tambelan Sampit resmi diluncurkan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Minggu (3/7).

“Kami mengapresiasi gagasan dan inisiasi Pokdarwis yang menjadikan Kelurahan Tambelan Sampit menjadi salah satu kampung budaya untuk diangkat ke permukaan dan diperkenalkan sebagai destinasi wisata di Pontianak Timur,” kata Edi Rusdi Kamtono dilansir Antara.

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok sadar wisata karena mereka merupakan motor penggerak kreativitas masyarakat untuk terus tampil mengembangkan potensi wisata yang ada di kawasannya.

Selain mengusung budaya lokal, ia berharap warga sekitar juga mengembangkan potensi-potensi yang ada termasuk kekayaan kuliner sebagai daya tarik wisata.

Alasannya, kata Edi, kuliner yang enak akan menjadi incaran penikmat kuliner di manapun tempatnya.

“Kalau itu nyaman dan disenangi, pasti dicari penggemar kuliner di manapun ia berjualan,” ungkapnya.

Edi juga mengharapkan kolaborasi masyarakat dan pemerintah semakin diperkuat dalam rangka menunjang perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kampung Budaya Tambelan Sampit menjadi salah satu contoh kolaborasi masyarakat dengan pemerintah.

“Dengan terus dikembangkannya Kampung Budaya di Kelurahan Tambelan Sampit ini, diharapkan Pontianak Timur semakin hari bertambah maju termasuk masyarakatnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, di Kelurahan Tambelan Sampit, pihaknya sudah mulai membangun infrastruktur jalan di sekitar promenade.

Dengan adanya penataan di kawasan ini, ia berharap Tambelan Sampit menjadi ikon wisata yang akan memperkaya destinasi wisata di Kota Pontianak.

“Sehingga desa wisata tidak hanya ada di Pontianak Selatan atau Tenggara, tetapi juga di Pontianak Timur ini termasuk Tambelan Sampit,” katanya.

Diakuinya, ekonomi kreatif (ekraf) dimulai dari budaya masyarakatnya, beberapa tahun terakhir di tengah menghadapi recovery akibat pandemi, upaya untuk membangkitkan ekraf juga terus dilakukan.
Apalagi Kota Pontianak tidak memiliki kekayaan alam yang bisa dikelola seperti hasil tambang atau hasil hutan, melainkan mengandalkan perdagangan dan jasa.

“Termasuk aktivitas masyarakat di sektor UMKM ini juga yang bisa menggerakkan roda perekonomian kita,” kata Edi.

Infrastruktur yang berkualitas, kerapian, kebersihan dan keamanan menjadi faktor penting untuk menunjang kota perdagangan dan jasa.
Dengan begitu, kata dia, segala yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menunjang aktivitasnya termasuk menggerakkan roda perekonomian bisa terpenuhi.

“Secara bertahap kita akan terus membangun Pontianak untuk menjadikan infrastrukturnya yang representatif dan menunjang kehidupan masyarakat,” katanya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Pamerkan Tas Purun, BPD HIPMI Kalsel Berharap Dapat Dikenal Luas Masyarakat
Dirtahti Polda Gorontalo

News

Tragis, Dirtahti Polda Gorontalo AKBP Beni Tewas Ditembak Tahanan Narkoba
tank china

News

Seratus Tank Lapis Baja China Disebut Berada di Seberang Taiwan
Solar

News

Tak Langka, Ini Penyebab Antrean Solar di SPBU
Aprilia sr-gt 200

News

Skutik Sporty Aprilia SR-GT 200 Mengaspal di Indonesia, Harganya Setara Xmax

News

Cerita Pedagang Bendera di Balikpapan Raup Omzet hingga Rp8 Juta
Haji

News

Gelang Identitas Jamaah Haji RI tak Sembarangan, Berisi Informasi Penting
Jokowi

News

Jokowi ke Eropa, Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden hingga 2 Juli
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com