Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam
agustus

Ketua KPU Kapuas Diganti, Satu Komisioner Diberhentikan Sementara

Beredarnya kabar pergantian Jamilah Maisura selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalteng, dibenarkan oleh pihak KPU...
- Apahabar.com     Sabtu, 9 Juli 2022 - 08:46 WITA

Ketua KPU Kapuas Diganti, Satu Komisioner Diberhentikan Sementara

IlustrasiKPU RI. Foto-KPU RI

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Beredarnya kabar pergantian Jamilah Maisura selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalteng, dibenarkan oleh pihak KPU setempat.

Pergantian ketua KPU tersebut bersamaan dengan adanya pemberhentian sementara satu orang komisioner KPU Kapuas yang dilakukan oleh KPU RI.

“Iya benar, itu berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan KPU RI, berlaku sejak surat diterima tanggal 5 Juli 2022 kemarin,” kata Plt Ketua KPU Kapuas Adiresido kepada wartawan, Jumat (8/7).

Adiresido yang didampingi Komisioner KPU Kapuas Agus Helmi berujar, pergantian Ketua KPU ini merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi.

Kendati demikian, diketahui Jamilah Maisura masih tetap sebagai komisioner atau anggota KPU Kabupaten Kapuas periode 2018-2023.

Berkaitan dengan adanya pemberhentian sementara terhadap satu orang komisioner atau anggota KPU Kapuas divisi hukum dan pengawasan juga berdasarkan surat keputusan KPU RI.

Tetapi, untuk penyebab diberhentikan sementara komisioner KPU devisi hukum dan pengawasan tersebut, Adiresido mengaku tidak mengetahui.

“Kalau pemberhentian sementara itu benar adanya dan kami mengetahui. Tapi terkait alasan, dan karena apa kami tidak mengetahui,” ujarnya.

“Karena surat itu langsung disampaikan ke yang bersangkutan. Kalau dasarnya memang ada dasarnya dari KPU RI,” ucap Agus Helmi menambahkan.

Sedangkan, penunjukkan Adiresido sebagai Plt Ketua KPU Kapuas berdasarkan hasil pleno komisioner sambil menunggu nantinya keputusan SK. Agar tidak terjadinya kekosongan dipucuk pimpinan.

“Untuk komisioner divisi hukum dan pengawasan tetap kosong, karena masih dalam pemberhentian sementara,” jelas Adiresido

Kendati demikian, Adirisedo kembali menegaskan bahwa ini tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan kinerja di KPU Kapuas tetap berjalan seperti biasa.

Sebagaimana diketahui KPU Kabupaten Kapuas tengah menjadi perhatian publik, karena dugaan kasus Tipikor penggunaan dana hibah untuk Pilgub Kalteng tahun 2020.

Penyidik Kejaksaan Negeri Kapuas pun telah memeriksa para saksi, dan bahkan beberapa waktu lalu telah melakukan peggeledahan di kantor KPU Kapuas dan membawa sejumlah dokumen.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HIPMI

Hot Borneo

Pakar Digital: Ada Gerakan yang Sengaja Diskreditkan Ketum HIPMI

Hot Borneo

Pembantai Sekeluarga di Tanah Bumbu Tak Dikenakan Pasal 340
Kalteng Expo 2022 Palangka Raya

Hot Borneo

Kalteng Expo 2022 Palangka Raya, Angkat Harkat dan Martabat Penyandang Disabilitas Melalui UMKM
Cuaca cerah berawan

Hot Borneo

Saatnya Berlibur, Cuaca Kalsel Hari Ini Mendukung

Hot Borneo

Amuk Polisi di Penggerebekan Maut Banjar, 6 Personel Disidik!
Video syur

Hot Borneo

Gempar Dua Video Syur di Berau, Identitas Pemeran Sudah di Tangan Polisi
Masjid Agung Al-Karomah Martapura

Hot Borneo

Termasuk Sapi Presiden Jokowi, Masjid Al-Karomah Martapura Sembelih 31 Hewan Kurban

Hot Borneo

Malam Ini, Musisi Tanbu-Kotabaru Siap Jamming Bareng di Kedai Jomis Batulicin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com