Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Kominfo Resmi Blokir Steam, Para Pengguna Dibuat Pusing

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah layanan digital atau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat
- Apahabar.com     Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:45 WITA

Kominfo Resmi Blokir Steam, Para Pengguna Dibuat Pusing

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir sejumlah layanan digital atau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. (Foto: ist.)

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir sejumlah layanan digital atau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) mulai Sabtu, 30 Juli 2022.

Berdasarkan pantauan apahabar.com, per pagi hari ini, PSE yang tidak bisa diakses, antara lain Yahoo, Steam, Dota 2, Counter Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan Paypal.

Dari delapan platform yang diblokir tersebut, lima diantaranya adalah kategori game, seperti Steam, Dota 2, Epic Games, sampai Counter Strike.

Dengan begitu, para pecinta game (gamer) di Tanah Air tidak bisa lagi mengakses platform di atas untuk menemukan informasi, mengunduh dan membeli game favoritnya.

Sebelumnya, peringatan pemblokiran telah disampaikan oleh pihak Kominfo kepada platform tersebut sejak jauh-jauh hari.

Langkah tersebut dilakukan lantaran Steam Cs belum kunjung melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat, hingga batas waktu yang ditentukan, yaitu sampai 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB.

Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Kominfo telah mengirimkan surat teguran kepada Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, Origin pada Sabtu, 23 Juli lalu.

Semuel menjelaskan, bahwa surat teguran berlaku selama lima hari kerja setelah surat dikirim. Sehingga perhitungan hari tersebut dimulai pada Senin 25 Juli sampai Jumat 29 Juli 2022.

“Jadi kami baru mengirimnya itu tanggal 23 (Juli) hari Sabtu, bukan hari kerja. Makanya berlakunya Jumat sekarang. Karena kami harus verifikasi. Jadi dikirim 23 juli. maka takedown-nya nanti (tengah) malam,” ungkap Semuel dalam konferensi pers, Jumat (29/7).

Dengan pemblokiran game tersebut, lantas membuat para netizen dan gamer di Tanah air menjadi geram, karena mereka menjadi kesulitan memainkan di platform Steam.

Kritik dan komentar pedas pun disampaikan oleh warganet terkait keputusan pemblokiran dengan tagar #BlokirKominfo. Juga cuitan-cuitan di Twitter tentang diblokirnya beberapa game Esport di Indonesia @teamsecret dan @PolJokesID.

(Adit)

Editor: Denny Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Pesan Paman Birin Saat Salat Id: Tolong-menolong, Berbagi, dan Peduli
PMI Kotabaru

News

Resmi, Gusti Iskandar Lantik Pengurus PMI Kotabaru 2022-2027
PKT

News

Cegah Penyelewengan Pupuk Subsidi, PKT Gandeng Kejati Kaltim Gelar Sosialisasi
Pariwisata

News

Indonesia Lepas Masker, Sandiaga Uno: Angin Segar Bagi Pariwisata
Supeltas Banjarmasin

News

Cekcok Supeltas Berujung Maut di Banjarmasin, Ternyata Belum Semua ‘Pak Ogah’ Terdata

News

Gairah Belanja Online Meningkat, Kominfo Prediksi 2025 Nilai Transaksi Mencapai USD 146 Miliar
Senam Tapin

News

Semangat Cinta Tanah Air lewat Senam Sicita PDIP Tapin
Terharu! Garaldine Beldi Tulis Pesan Menyentuh Usai Pertama Kali Temukan Jasad Eril. Foto-Istimewa

News

Terharu! Garaldine Beldi Tulis Pesan Menyentuh Usai Pertama Kali Temukan Jasad Eril
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com