Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam
agustus

Komisi Yudisial Masuk Kalsel, Bentuk Kantor Penghubung Pantau Etik Hakim

Kalsel menjadi satu dari delapan provinsi di Indonesia yang menjadi atensi lembaga independen pemantau hakim tersebut.
- Apahabar.com     Senin, 18 Juli 2022 - 22:22 WITA

Komisi Yudisial Masuk Kalsel, Bentuk Kantor Penghubung Pantau Etik Hakim

Seorang mahasiswi dengan mata tertutup sembari memegang patung dewi Yunani sebagai lambang keadilan, aksi teatrikal medio Januari 2022 ini dilakukan guna mencari keadilan bagi VDPS korban pemerkosaan oknum polisi Banjarmasin. Foto: Detik.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Yudisial (KY) RI tengah menggagas pembentukan Kantor Penghubung Yudisial (PKY) wilayah Kalimantan Selatan. Menjaring satu kandidat koordinator PKY dan 3 asisten, guna memelototi kinerja para hakim.

“Misinya mewujudkan peradilan yang bersih dan berintegritas serta menjaga dan menegakkan kode etik pedoman perilaku hakim,” ujar Panitia Seleksi Daerah (Panselda) dan Asisten Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Kalimantan Timur, Dimas Ronggo Gumilar Prabandaru, Senin (18/7).

Mengawasi perilaku serta kinerja hakim-hakim Banua, Dimas menyadari tentu butuh dukungan publik. Oleh karenanya, kantor PKY digagas.

“Kalsel menjadi prioritas kami, antusiasme publik memantau eksistensi Badan Peradilan jadi pertimbangan utama,” ujar Dimas.

Mahasiswi ULM Dicekoki Miras, Diperkosa Polisi di Banjarmasin, Sidangnya Superkilat

Selain Kalsel, sebanyak 8 provinsi menjadi sasaran utama pembentukan kantor penghubung KY RI, yakni Bali, Sulawesi Tenggara, Lampung, Sumatera Barat, Aceh Papua dan Papua Barat.

Di Kalsel, sosialisasi penjaringan sudah memasuki tahapan seleksi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertempat di Lab Komputer SMKN 4 Banjarmasin. Yang sebelumnya juga dilakukan pada 24 April 2022 bertempat di General Building, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Hasilnya, sebanyak 41 orang berhasil lolos seleksi administrasi dan melanjutkan tahapan seleksi TKD.

Pada pelaksanaan tes TKD, 13 Juli 2022 lalu, tim panitia berhasil menyaring peserta sebanyak 20 orang.

Selanjutnya tahapan seleksi TKP yang terbagi menjadi 2 segmen tes, yaitu tes tertulis yang dilaksanakan pada 15 Juli 2022 dan tes wawancara mulai hari ini, 18-22 Juli 2022.

“Proses penjaringan cukup mendapat atensi masyarakat Kalsel yang menanti pembentukan kantor PKY,” ujar Dimas.

Dimas sendiri diberi mandat mengawal penuh proses pelaksanaan seleksi pembentukan PKY di Kalsel, agar prosesnya dapat berlangsung secara obyektif, profesional dan berintegritas.

Saleh Puntun Bebas, Hakim PN Palangka Raya Diperiksa

Sekadar diketahui, pelaksanaan seleksi TKD dan TKP bertujuan mencari putra-putri terbaik Kalsel untuk menjadi koordinator dan asisten KY RI Penghubung wilayah Kalsel. Rinciannya satu koordinator dan 3 asisten.

“Tahapan seleksi yang nantinya akan dilewati dan menghasilkan struktur jabatan satu koordinator dan 3 asisten merupakan tanggungjawab besar yang harus kami emban,” ujar Dimas.

Mengawal penuh proses seleksi calon kandidat KY di Kalsel dengan objektif, profesional dan berintegritas menjadi tantangan tersendiri.

“Ini semua agar trust publik dapat terus terjaga dalam rangka membangun semangat bersama mewujudkan peradilan yang bersih, bermartabat dan berintegritas,” ujarnya.

“Kami berharap stakeholders terkait, akademisi, praktisi, jurnalis dan tokoh masyarakat ikut serta mengawal terbentuknya kantor KY RI di Kalsel pada tahun ini,” ujar Dimas.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pengedar Sabu

Hot Borneo

Polisi Ringkus Pengedar Sabu di Kusan Hilir Tanbu
Kotabaru

Hot Borneo

Apes! Pesta Sabu-Curi Sawit, Warga Kalteng Ditangkap Polisi di Kotabaru
Kebakaran Golf Banjarbaru

Hot Borneo

Warga Golf Banjarbaru Dihebohkan Api Membara dalam Rumah

Hot Borneo

Kapal Pengangkut Oli Karam di Sungai Alalak, Latihan Atlet Dayung Banjarmasin Terganggu
Seorang ibu terekam CCTV atau kamera pengintai saat mencuri HP di sebuah konter. Foto-Istimewa

Hot Borneo

Viral! Detik-Detik Ibu Berhijab Curi HP di Amuntai

Hot Borneo

Simpan 23 Paket Sabu, Warga Teweh Tengah Barut Ditangkap Polisi

Hot Borneo

Viral Kabar Hantu Teror Warga Daha Selatan HSS, Polisi Lakukan Penyelidikan
Rumah Lansia di HSS terbakar

Hot Borneo

Geger! Rumah Lansia di Sungai Raya HSS Ludes Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com