Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Kunjungan Keluarga Warga Binaan Lapas Banjarmasin Dibuka Lagi, Berikut Syaratnya

Setelah 2 tahun ditiadakan, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin kembali memberikan pelayanan kunjungan kepada keluarga...
- Apahabar.com     Rabu, 6 Juli 2022 - 14:33 WITA

Kunjungan Keluarga Warga Binaan Lapas Banjarmasin Dibuka Lagi, Berikut Syaratnya

Setelah 2 tahun ditiadakan, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin kembali memberikan pelayanan kunjungan kepada keluarga warga binaan. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah 2 tahun ditiadakan, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin kembali memberikan pelayanan kunjungan kepada keluarga warga binaan.

Kegiatan ini menindak lanjuti Surat Edaran (SE) Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan pembinaan.

Kalapas Banjarmasin, Herliadi, menyampaikan pihaknya telah membuka kembali pelayanan kunjungan kepada warga binaan dan masyarakat dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

Di mana masyarakat yang telah memenuhi syarat dan ketentuan terutama telah mendapat vaksin booster, dapat melakukan kunjungan kepada warga binaan di Lapas Banjarmasin.

“Tahanan dan narapidana hanya menerima kunjungan 1 satu dalam 1 minggu,” ujar Herliadi, Rabu (6/7).

Ia menjelaskan bahwa pengunjung juga hanya diperbolehkan membawa 3 orang dewasa. Pelayanan kunjungan dibatasi 400 orang perhari. Selain itu, pelayanan drive thru titipan makanan tetap dilaksanakan.

“Pengunjung dilarang membawa makanan berlebihan,” ucapnya.

Menurutnya penerapan kunjungan ini tentunya menjadi sebuah kabar baik dan menyegarkan kepada warga binaan dan masyarakat di mana mereka sudah 2 tahun tidak dapat berjumpa secara langsung.

Selama lebih 2 tahun ini mereka hanya dapat berkomunikasi melalui layanan video call yang telah Lapas Banjarmasin sediakan kembali dapat berjumpa dan bersilaturahmi secara langsung.

“Harapannya melalui kegiatan pelayanan kunjungan ini dibuka menjadi sebuah penyemangat kepada warga binaan agar dapat mengikuti pembinaan dan menjadi insan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Berikut tata tertib dalam pelayanan kunjungan di Lapas Banjarmasin:

Pengunjung wajib Memiliki Identitas yang jelas dan wajib melampirkan fotokopi (KTP atau SIM) serta Wajib menggunakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan.

Adapun yang boleh melakukan layanan kunjungan tatap muka adalah dengan syarat sebagai berikut:

a. Satu nomor antrean/pendaftaran hanya berlaku 1 kali pendaftaran dan hanya untuk dua orang pengunjung (dewasa) untuk 1 WBP dan diberikan waktu untuk melakukan kunjungan tatap muka selama 30 menit.

b. Pengunjung sudah melaksanakan vaksin lengkap (vaksin 1, 2 dan booster) yang buktikan dengan sertifikat vaksin dan bagi keluarga inti yang belum menunjukkan sertifikat vaksin lengkap, maka harus menunjukkan hasil swab anti gen negatif atau surat keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan dari dokter instansi pemerintah.

c. Pengunjung yang dapat melakukan kunjungan tatap muka adalah dengan rincian sebagai berikut,

1) Pengunjung merupakan keluarga inti dari WBP yaitu pasangan, anak kandung, ibu kandung dan bapak kandung. (di luar itu tidak boleh). Penasihat/kuasa hukum yang dibuktikan dengan surat kuasa.

2) Perwakilan kedutaan besar/konsuler untuk narapidana/tahanan/anak warga negara asing.
Setiap Warga Binaan hanya mendapatkan kesempatan menerima kunjungan 1 kali dalam 1 minggu pada jam kerja.

3) Warga binaan yang dapat di kunjungan harus sudah melakukan vaksin lengkap apabila belum maka kunjungan dilaksanakan secara virtual.

4) Para pengunjung wajib menggunakan pakaian yang rapi dan sopan serta tidak bercelana pendek.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Punya Potensi Rp1,2 Triliun, Baznas Kalsel Ingin Maksimalkan Pembayaran Zakat
Hari Paskah

Hot Borneo

Perayaan Malam Vigili Paskah Umat Kristiani di Landasan Ulin Banjarbaru Berjalan Khidmat
Sidang Perdana Suami Ratu Arisan Online Bodong Banjarmasin

Hot Borneo

Jalani Sidang Perdana, Suami ‘Ratu’ Arisan Online Bodong Banjarmasin Didakwa Pasal Penipuan & Penadahan

Hot Borneo

Kisruh Pasar Batuah, Pemkot Digugat Lagi hingga Puluhan Miliar
Petugas KPPU Kanwil V melakukan pemantauan harga dan ketersediaan minyak goreng dalam kemasan maupun curah. Foto-stimewa

Hot Borneo

Kata KPPU Balikpapan Soal Harga Migor Masih Tinggi Meski Subsidi Dicabut
Jemaah Calon Haji Kaltim

Hot Borneo

Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Kaltim Diberangkatkan Melalui Balikpapan
polda kaltim

Hot Borneo

TO Ditresnarkoba Polda Kaltim Ditangkap Polresta Balikpapan di Pinggir Jalan
Satpol PP Kapuas

Hot Borneo

Duh, Sejumlah Remaja Terciduk Satpol PP Kapuas Asyik Ngelem di Cafe Terapung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com