Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan Teten Masduki Sebut Pengembangan Produk Kriya Perlu Libatkan Agregator IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk
agustus

Luhut Mau ke Kalsel, Gelar Acara Bareng UMKM di Siring 0 KM Banjarmasin

- Apahabar.com     Rabu, 20 Juli 2022 - 20:05 WITA

Luhut Mau ke Kalsel, Gelar Acara Bareng UMKM di Siring 0 KM Banjarmasin

Direktur Pemasaran Ditjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI, Erwin Dwiyana menginformasikan kalau Luhut Binsar Pandjaitan bakal ke Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan direncanakan ke Kalsel.

Ia bakal hadir dan membuka serimoni Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang rencananya diselenggarakan di Taman Siring 0 KM, Kota Banjarmasin pada 22 – 24 Juli mendatang.

Kabar itu disampaikan Direktur Pemasaran Ditjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI, Erwin Dwiyana. Ia mengatakan Luhut tak hanya membuka acara, tapi juga mengagas acara tersebut.

“Beliau hadir karena komandan dari gerakan Gernas nya. Rencana dia yang akan memimpin launcing gerakan nasional buatan Indonesia,” kata Erwin dalam pertemuan media briefing bersama Kepala Bank Indonesia dan Pemprov Kalsel, Rabu (20/7).

Erwin mengatakan Gerakan Nasional ini bertujuan agar masyarakat Indonesia lebih cintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk atau jasa dari UMKM lokal demi mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM termasuk
industri kecil dan menengah.

Kepala Kantor Wilayah, Kepala Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Imam Subarkah dalam acara tersebut ada 600 pegiat Usaha mikro kecil dan menengah 13 Kabupaten dan Kota yang ikut dalam pameran.

Acara itu ditarget dapat peningkatan jumlah Usaha mikro, kecil, dan Menengah industri Kecil dan menengah termasuk pelaku ekonomi kreatif yang masuk dalam ekosistem digital;

“Selain itu peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal dan peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal,” kata Imam.

Ia juga targetkan acara tersebut dapat menambah stimulus ekonomi untuk usaha mikro kecil dan menengah, industri Kecil dan Menengah termasuk pelaku ekonomi kreatif Gernas BBI sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan.

Adanya acara itu juga mendapat restu dan dukungan Pemerintah Kalimantan Selatan. Gubernur Kalsel yang diwakilkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Rusdi Hartanto, pada kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia terlebih dengan tema “Jelajahi Warna Warni Kalimantan Selatan”.

“Jadi ini sebagai program untuk mempercepat pemulihan ekonomi juga sebagai bentuk mencintai produk dalam negeri khususnya di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Adapun dalam rangkaian kegiatan GBBI juga banyak kegiatan lain seperti Fashion Show “Warna Warni Kalimantan Selatan”, Prosesi Peluncuran GBBI, Karnaval Perahu Hias, Pameran Online, Lelang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Pojok Kopi (Gathering Investor), serta Hiburan dari Artis Nasional yaitu Fathur (Ex-Java Jive) 22 Juli 2022, Repvblik Band 23 Juli 2022, dan Aria Dinata (Ex-Vokalis Samson) 24 Juli 2022.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nakes Banjarmasin

Hot Borneo

Banjarbaru dan HST Tambah Tiga Kasus Baru Covid-19 di Kalsel
Lapas Kotabaru

Hot Borneo

Lapas Kotabaru Segera Buka Layanan Kunjungan Tatap Muka, Simak Jadwalnya
apahabar.com

Hot Borneo

Tukar Guling Lahan di Wanaraya, Kejari Batola Tetapkan Seorang Tersangka
Satresnarkoba Polres Barut

Hot Borneo

Edarkan Sabu, Pria Brigjen Katamso Muara Teweh Diringkus Satresnarkoba Polres Barut
Mardani H Maming

Hot Borneo

Terungkap! Upaya Kriminalisasi Mardani H Maming Terstruktur dan Sistematis
IKN Nusantara

Hot Borneo

Jepang Bakal Kirim Tim Ahli ke IKN, Ada Apa?

Hot Borneo

Buaya Liar Beraksi Lagi di Kotabaru, Sambar Kaki Wanita Bangkalaan Dayak
Alfamart Ambruk

Hot Borneo

Kata Terakhir Hanafi Korban Alfamart Ambruk ke Tunangan: Aku Gak Kuat, Badanku Hancur Sayang!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com