Demonstrasi di DPRD Kalteng, Massa Protes Penertiban Tambang Emas Tradisional Tanpa Solusi Dugaan Penggelapan Mobil Rental, IRT Tabalong Terpaksa Diamankan Polisi Cuaca Kalsel Hari Ini: Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan Ringan Teten Masduki Sebut Pengembangan Produk Kriya Perlu Libatkan Agregator IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk
agustus

Menkop UKM Teten Masduki Sebut Pertumbuhan Produk Lokal Perlu Diperkuat

- Apahabar.com     Minggu, 31 Juli 2022 - 20:08 WITA

Menkop UKM Teten Masduki Sebut Pertumbuhan Produk Lokal Perlu Diperkuat

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengunjungi stan UMKM dalam event Festival Cengkok Karya Mandiri di Tangerang. Foto: Kemenkop dan UKM

apahabar.com, JAKARTA– Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan pentingnya spirit untuk membangun produk lokal. Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan terus ditumbuhkan sekaligus diperkuat.

Bagi Teten hal tersebut merupakan peluang besar bagi para pelaku UMKM. Terlebih, gaya hidup anak-anak muda saat ini yang cenderung lebih menyukai produk-produk custom unik ketimbang produk berkelas dunia.

“Ini sudah eranya menggunakan media sosial. Masyarakat yang membangun narasinya sendiri lewat Medsos terkait produk UMKM brand lokal,” kata Teten pada acara Festival Cengkok Karya Mandiri, di Desa Cengkok, Balaraja, Tangerang, Banten, Minggu (31/7).

Di acara pameran UMKM yang memamerkan makanan tradisional, bazar buku, hingga seminar literasi tersebut, Teten juga mengajak masyarakat untuk terus menarasikan bahwa kualitas produk lokal harus dalam kondisi sehat, bagus, dan bersaing dengan produk besar kelas dunia.

Oleh karena itu, Menkop UKM mendukung langkah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk membangun Dapur Bersama Produksi UMKM di Desa Cengkok. “Dengan membangun Rumah Produksi Bersama atau ‘Factory Sharing’ agar memudahkan mendapat izin edar dari BPOM. Sehingga, bisa lebih luas wilayah pasarnya,” ujar Teten.

Agar lebih produktif lagi, imbuh Teten, pihaknya mendorong para pelaku usaha mikro untuk berkoperasi. Sebab, penyediaan alat produksi bersama dapat diadakan melalui koperasi. Selain itu, Teten juga mengakui eksistensi produk lokal harus ditata ulang. Caranya, dengan tidak memunculkan banyak produk. Menurutnya, jumlah produk yang sedikit, jauh lebih baik, dibandingkan dengan banyak produk namun lemah secara pondasi.

“Adanya factory sharing itu untuk memperkuat produktivitas dan kualitas produk dengan brand lokal yang tidak terlalu banyak,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebutkan bahwa saat ini persaingan dunia usaha semakin tinggi. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Cengkok untuk meningkatkan kualitas SDM. Selain itu, Bupati Tangerang juga mengajak masyarakat untuk memperkuat literasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM dan berbasis kearifan lokal.

“Karena kebanyakan produk UMKM di Desa Cengkok didominasi makanan dan minuman atau kuliner, maka saya mendukung perlunya dibangun satu Dapur Bersama, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas produk UMKM,” pungkasnya.

Editor: Bethriq Kindy Arrazy - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pos Penyekatan

News

Update Covid Kapuas, 25 Februari: Ratusan Warga dalam Perawatan 
Gendang Beleq

News

Jaga Kearifan Lokal, PT Aje & Buma Serahkan Gendang Beleq untuk Desa Makmur

News

Sebulan Perang, Ukraina Rugi Hampir US$600 Miliar

Nasional

Kampanye Stop Pelecehan Seksual Efektif Bikin Kasus di Transjakarta Menurun

News

Direkomendasi WHO, Paxlovid Pfizer Obat Covid-19 Pasien Berisiko
Deltacron

News

Omicron Belum Usai, WHO Kembali Umumkan Varian Baru Covid-19 Bernama Deltacron
Covid-19 Banjarmasin

News

Hari Ini, 600 Lebih Warga Banjarmasin Sembuh Covid-19
Pertalite

News

Komentar Pertamina! Pertalite Mulai Kosong di Sejumlah SPBU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com