Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022
agustus

MUI Jatim Fatwakan Paylater Haram

- Apahabar.com     Jumat, 29 Juli 2022 - 18:37 WITA

MUI Jatim Fatwakan Paylater Haram

MUI Jatim memfatwakan Paylater haram. Foto-Net.

apahabar.com, SURABAYA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur (Jatim) memfatwakan Paylater haram. Fatwa tersebut dikeluarkan MUI Jatim saat menggelar Ijtima Ulama.

Menurut Ketua Fatwa MUI Jatim KH Ma’ruf Khozin, paylater dinilai haram lantaran langsung mencantumkan bunga sekitar 2 persen dan denda sekitar 1 persen kalau terjadi keterlambatan pembayaran.

Ia menegaskan bahwa hal itu tak benar secara hukum Islam. “Cara seperti itu secara fikih tidak dibenarkan,” kata Ma’ruf, dilansir CNN Indonesia, Jumat (29/7).

Ma’ruf merinci layanan paylater haram karena nominal yang dibayarkan pengguna lebih besar dari yang dipinjam. Namun, ia memberikan pengecualian kepada beberapa layanan sejenis.

Ia menyebut layanan serupa yang menurutnya masih diperbolehkan adalah kredit. Kredit boleh karena masa bayarnya kurang dari satu bulan dan tak kena bunga.

“Intinya, pinjam uang dengan nominal pembayaran yang lebih itu tidak boleh. Kalau kredit boleh, karena memang sudah dijelaskan di awal itu boleh. Ini kan faktornya beda antara paylater dengan sistem kredit,” jelasnya.

Menurut Ma’ruf, paylater mengandung unsur ziyadah atau tambahan yang disyaratkan di muka oleh pihak penerbit paylater kepada konsumen.

Sedangkan kredit harus memenuhi kesepakatan terlebih dahulu antara penjual dan pembeli untuk nominalnya kemudian baru dilakukan akad.

“Apalagi paylater itu akan ada debt collector, kalau tidak membayar akan ada yang mengumumkan, akan sama dengan pinjol yang bahaya di bagian belakangnya,” pungkas dia.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Riwayat Tangisan Umar bin Abdul Aziz Ketika Dapat Jabatan
MUI Kalsel: Begini Menyikapi Kematian Orang Tertular Covid-19

Religi

MUI Kalsel: Begini Menyikapi Kematian Orang Tertular Covid-19
10 Muharam

Kalsel

Menilik Tradisi 10 Muharam di Kampung Para Ulama Banjar Lahir
apahabar.com

Religi

Istana Topkapi Simpan Peninggalan Rasulullah SAW, apa saja?
apahabar.com

Religi

Usai Puasa Ramadan, Warga Lombok Lanjutkan Tradisi Puasa Syawal
Habib Abu Bakar Alatas

Religi

Viral, Video Habib Abu Bakar Alatas Cium Ikan Tadinya Mati Kembali Hidup
apahabar.com

Religi

Rumah Tangga Tetap Utuh, Ini Doanya
apahabar.com

Religi

“Parukunan Jamaluddin” Ternyata Ditulis Ulama Perempuan Berdarah Banjar-Bugis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com