Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik [ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Pansus 21 DPRD Kapuas Mendadak Kembalikan Mandat, Ada Apa?

- Apahabar.com     Selasa, 26 Juli 2022 - 23:07 WITA

Pansus 21 DPRD Kapuas Mendadak Kembalikan Mandat, Ada Apa?

Pansus 21 DPRD Kapuas ketika menggelar rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk membahas Raperda Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD 2021. Foto: apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) 21 DPRD Kabupaten Kapuas, mendadak mengembalikan mandat kepada pimpinan dewan setempat.

Adapun mandat dimaksud adalah membahas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021 bersama eksekutif.

Ketua Pansus 21, Syarkawi H Sibu, menjelaskan sebenarnya mereka sudah melaksanakan tugas dengan agenda dan jadwal yang telah ditetapkan.

“Namun dengan rasa menyesal, Pansus terpaksa mengembalikan mandat yang diberikan dalam rangka melakukan pembahasan bersama eksekutif,” papar Syarkawi, Selasa (26/7).

“Terhitung mulai 25 Juli 2022 pukul 15.00 WIB, kami telah mengambil sikap menyatakan secara resmi mengundurkan diri sebagai unsur pimpinan dan anggota Pansus,” tegasnya.

Dengan demikian, segala tugas dan tanggung jawab Pansus juga secara resmi juga dikembalikan kepada pimpinan dan lembaga DPRD.

“Kami mengambil sikap ini, karena Pansus merasa tidak diberikan ruang untuk melakukan tugas secara maksimal,” tukas Syarkawi.

Terlebih menurut Syarkawi atas kesepakatan dengan eksekutif, Pansus 21 menginginkan revisi jadwal pembahasan yang diagendakan oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD.

“Rapat pembahasan itu juga dilaksanakan atas petunjuk pimpinan. Pun pimpinan menyatakan akan melaksanakan rapat Bamus untuk mengagendakan revisi jadwal,” beber Syarkawi.

“Namun kemudian Bamus gagal untuk rapat mengakomodir usul revisi jadwal yang disampaikan oleh Pansus dan eksekutif,” imbuhnya.

Oleh sebab itulah, Pansus 21 pun mengambil sikap, setelah menerima undangan rapat paripurna, Selasa (26/7).

“Ini berarti tidak ada ruang lagi untuk Pansus melanjutkan pembahasan dengan eksekutif. Padahal masih banyak yang perlu dikonfirmasi dan klarifikasi terhadap data dan fakta dari eksekutif,” jelas Syarkawi.

Legislator PDI Perjuangan itu pun menambahkan, Pansus sebenarnya ingin memberikan informasi, saran dan pendapat berikut rekomendasi kepada banyak pihak.

Khususnya langkah perbaikan kinerja pemerintahan, sehingga seluruh program kegiatan memberikan nilai manfaat kepada masyarakat.

“Namun sekali lagi, Pansus tidak diberikan ruang dan kewenangan untuk melaksanakan tugas secara tuntas,” pungkas Syarkawi.

Diketahui DPRD Kapuas sejak 30 Juni 2022 membentuk Pansus untuk menelisik Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kapuas 2021.

Tak lama setelah dibentuk, Pansus pun langsung tancap gas. Selain beberapa kali menggelar rapat dengan eksekutif, mereka juga ke lapangan untuk mengecek program kegiatan yang dilaksanakan sejak 2021.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Polisi Lakukan Penyelidikan Insiden Terbakarnya Kilang Minyak Pertamina Balikpapan

Hot Borneo

Mantap, Selada Hidroponik Karya Lapas Kotabaru Tembus Pasar Modern
Cuaca Kalsel hari ini

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini, Berpotensi Hujan Siang hingga Malam
BIAN 2022

Hot Borneo

BIAN 2022 Dimulai, Kalsel Sasar 1,4 Juta Anak!

Hot Borneo

Penggantian Expansion Joint Jembatan Barito, Arus Lintas Dibikin Satu Jalur
Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan

Hot Borneo

Puslabfor Polri Bakal Olah TKP Lokasi Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan
Honda Jazz Tercebur Handil Bakti

Hot Borneo

Niat Mudik, Honda Brio Merah Tercebur ke Sungai di Handil Bakti Batola

Hot Borneo

Antre Minyak Goreng, Seorang Ibu di Kaltim Meninggal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com