Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Pasca-Roboh, Katingan Bangun Ulang Patung Tjilik Riwut Rp1,5 Miliar

Pasca-roboh diterjang angin kencang, patung Pahlawan Nasional asal Kalteng, Tjilik Riwut di Kabupaten Katingan, bakal segera dibangun ulang.
- Apahabar.com     Rabu, 13 Juli 2022 - 17:51 WITA

Pasca-Roboh, Katingan Bangun Ulang Patung Tjilik Riwut Rp1,5 Miliar

Patung Tjilik Riwut di Katingan roboh diterjang angin kencang, Sabtu 18 Juni 2022 lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, KASONGAN – Pasca-roboh diterjang angin kencang, patung Pahlawan Nasional asal Kalteng, Tjilik Riwut di Kabupaten Katingan, bakal segera dibangun ulang.

Pemkab Katingan telah menganggarkan dana Rp1,5 miliar untuk membangun ulang patung Tjilik Riwut yang roboh, Sabtu 18 Juni 2022 lalu.

“Kami telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk pembangunan monumen baru Pahlawan Nasional Tjilik Riwut,” kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan dilansir Antara, Rabu (13/7).

Monumen Gubernur Kalimantan Tengah kedua periode 30 Juni 1958 – Februari 1967 itu, menurut dia, akan dibangun dengan model baru dan megah.
Sementara itu, khusus untuk pondasi patung Tjilik Riwut akan dirancang lebih kokoh dan kuat.

Patung putra daerah asli Katingan yang baru nanti akan tetap dibangun di tengah-tengah bundaran besar di depan kantor Bupati Katingan, atau di jantung kota Kasongan.

“Semuanya baru. Bukan hanya patung beliau tapi juga secara keseluruhan akan diperbaharui dan direnovasi,” ucapnya.

Orang nomor satu di Katingan itu mengatakan saat ini pihaknya secara intensif mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan, untuk mematangkan perencanaan pembangunannya.

Pihaknya juga telah berdiskusi dengan pihak keluarga dan anak-anak Pahlawan Nasional Tjilik Riwut. Bahkan pihaknya juga akan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk membicarakan profil dan bentuk patung seperti apa nantinya yang akan dibangun.

Dia menyampaikan salah satu upaya mematangkan rencana pembangunan monumen baru tokoh Kalteng tersebut pihaknya telah menggelar rapat membahas rencana pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut yang dilaksanakan di ruang rapat bupati pada Senin (11/7/2022) mulai pukul 10.30 WIB.

Harapannya, monumen baru yang dirancang sedemikian rupa itu memiliki fungsi sebagai pengingat dan menginspirasi generasi muda terhadap sejarah kepahlawanan Tjilik Riwut.

Fungsi lainnya membentuk ruang publik yang indah, rapih dan nyaman yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kalteng khususnya Katingan.

“Dengan dukungan dan doa masyarakat Katingan rencana pembangunan monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut akan selesai pada tahun 2022 ini,” pungkas Sakariyas.

Disaput Angin, Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut di Katingan Kalteng Roboh

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Satgas Pamtas Yonarmed 18/Komposit Gagalkan Penyelundupan Sabu 1 Kg Asal Malaysia
SPBU PT Nur Afnan Group Kuala Kapuas

Hot Borneo

Iduladha, Owner SPBU di Kapuas Bagikan Ratusan Bungkus Daging Kurban dan Bapok
TVRI

Hot Borneo

Baru Dibangun, Studio TVRI Kalteng Terbakar
Curi Motor Pakai Wig Balikpapan

Hot Borneo

Kelabui Kamera CCTV, Pelaku Pencuri Motor di Balikpapan Gunakan Wig
ASN

Hot Borneo

Tabalong Terbaik II Tata Kelola Manajemen ASN di Wilayah Regional VII BKN
Alfamart Ambruk

Hot Borneo

Petugas Ambil Sampel Beton Alfamart Gambut, Penyebab Runtuhnya Bangunan Segera Terungkap
Investasi bodong

Hot Borneo

Diduga Tipu Puluhan Korban, Pedangdut Asal Kandangan Gunakan Modus Investasi Dana Talangan
apahabar.com

Hot Borneo

Tukar Guling Lahan di Wanaraya, Kejari Batola Tetapkan Seorang Tersangka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com