Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

PBNU Soroti Remaja Pria Berbusana Wanita di Citayam Fashion Week

- Apahabar.com     Senin, 25 Juli 2022 - 21:47 WITA

PBNU Soroti Remaja Pria Berbusana Wanita di Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week yang menggunakan zebra cross melahirkan kehebohan di lini massa dan mendapat banyak perhatian pesohor di Tanah Air. (Foto: Medcom)

apahabar.com, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) angkat bicara terkait remaja pria yang berbusana wanita di Citayam Fashion Week. Hal itu dinilai tak sesuai dengan ajaran agama.

Ketua PBNU Bidang Keagamaan, KH Ahmad Fahrurrozi atau Gus Fahrur, menjelaskan seorang lelaki tidak boleh berpakaian menyerupai perempuan maupun sebaliknya.

“Dalam ajaran Islam, berbusana diwajibkan menutup aurat, tak membentuk lekuk tubuh, tidak transparan dan tidak menyerupai pakaian laki laki dan pakaian non muslim,” papar Gus Fahrur seperti dilansir Suara, Senin (25/7).

“Hal itu juga sejalan dengan Surat Al Ahzab ayat 59 yang artinya Nabi diminta menyerukan kepada istri dan anak-anak perempuanmu untuk mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh mereka,” imbuhnya.

Sedangkan larangan muslim lelaki menyerupai perempuan atau sebaliknya dijelaskan dalam sebuah hadis sahih tentang laknat Allah.

“Larangan tersebut tidak hanya berkaitan dengan persoalan busana, melainkan juga cara berjalan dan berbicara,” tegas Gus Fahrur.

“Memang peragaan busana dan mengikuti tren mode tentu diperbolehkan. Dengan catatan peragaan dilakukan untuk syiar. Juga hanya dihadiri wanita atau lelaki, tidak ada percampuran wanita berlenggak- lenggok di depan pria,” imbuhnya.

Sementara Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, menegaskan semestinya kebebasan berekspresi tetap menghormati nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

“Masyarakat memiliki hak dan kebebasan berekspresi. Akan tetapi itu hendaknya dilakukan dengan tetap menghormati nilai-nilai agama dan budaya bangsa yang mulia,” beber Abdul Mu’ti.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, juga menyatakan bakal menindak remaja pria yang berbusana perempuan di Citayam Fashion Week.

“Kami akan melakukan penjangkauan terhadap remaja pria yang menggunakan pakaian wanita di kawasan Dukuh Atas itu,” tandas Riza Patria.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Presiden Jokowi Teken Aturan Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak
Penyanyi sekaligus artis sinetron Marshanda mengumumkan bahwa dirinya kini tengah mengidap tumor payudara. Foto-Istimewa

News

Marshanda Dikabarkan Hilang di Amerika
Kebakaran Tapin

News

Kebakaran di Miawa Tapin, Kerugian Tembus Ratusan Juta
Citra satelit terbaru memperlihatkan Rusia mengerahkan pasukan besar-besaran ke Belarus yang berbatasan langsung dengan Ukraina. Foto-Maxar Technologies via Reuters.

News

Terpantau Satelit, Rusia Kerahkan Pasukan dalam Jumlah Besar di Belarus

News

Pelat Nomor Putih Sudah Dijual Online, Awas Ditilang Polisi
awan

News

Cuaca Hari Ini: Mayoritas Kalsel Cerah Berawan
Sahur

News

Meriahkan Ramadan, Ada Lomba Bagarakan Sahur di Balangan
Bechi

News

Sidang Perdana Bechi Anak Kiai Jombang Digelar Hari Ini!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com