Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022
agustus

Pembangunan Jalan Tanjung Selatan-Simpang Islamic Center, Kadis PUPR Tabalong: Optimis Tepat Waktu

- Apahabar.com     Sabtu, 2 Juli 2022 - 19:16 WITA

Pembangunan Jalan Tanjung Selatan-Simpang Islamic Center, Kadis PUPR Tabalong: Optimis Tepat Waktu

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersama sejumlah pejabat saat meletakkan batu pertama pembangunan jalan di kawasan Tanjung Green City. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG – Pembangunan jalan di kawasan Tanjung Green City di Kabupaten Tabalong terus digenjot pengerjaannya.

Jalan sepanjang kurang lebih 4,2 kilometer dan lebar 30 meter tersebut nantinya menghubungkan Tanjung Selatan, Tanta dengan Jalan A Yani di depan persimpangan Islamic Center, Maburai, Murung Pudak.

Pengerjaannya sendiri mulai dilakukan Bulan Maret lalu ditandai dengan Ground Breaking peletakan batu pertama oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Kurang lebih tiga bulan berjalan, jalan tersebut telah tembus dari titik nol ke titik 4,2 kilometer sebagaimana panjang jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong, Wibawa Agung Subrata, mengatakan semua pengerjaan masih berlangsung.

Selain pengerjaan jalan tersebut di dalamnya juga dibangun sejumlah jembatan box culvert dan pile slab.

“Pile slab sendiri merupakan struktur pondasi yang ditumpu oleh sistem kelompok tiang pancang dan diikat oleh pile cap. Gunanya untuk menahan dan meneruskan beban dari struktur atas ke dalam tanah yang mempunyai daya dukung untuk menahannya,” terang Agung, Jumat (1/7).

Untuk pembangunan pile slab dan box culvert pengerjaannya sudah mencapai 65 persen.

Selain jalan dan jembatan tersebut, pengerjaan lainnya juga dilakukan yaitu pembuatan drainase, perkerasan badan jalan dan pemasangan geotek.

“Semua pengerjaannya dilakukan dengan sangat hati-hati dan tidak sembarangan, karena semuanya melewati uji kualitas,” terang Agung.

Agung optimis pengerjaannya bisa tepat waktu, hal ini berdasarkan presentasi pengerjaannya saat ini.

“Berdasarkan presentasi pengerjaan saat ini, kami optimis pengerjaan jalan dan yang lainnya bisa tepat waktu,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani pada Ground Breaking peletakan batu pertama beberapa waktu mengatakan, kalau diamati perkembangan pembangunan di Tabalong lima tahun terakhir menunjukan peningkatan, pesatnya luar biasa.

“Tahun 2016 saya menyatakan bahwa kota Tanjung Tabalong kita siapkan sebagai metropolis baru di Kalimantan Selatan. Alhamdulillah, ini sudah mulai terwujud,” ucapnya.

Menurut Anang, daerah-daerah yang disebut metropolis tugas pemerintah hanya membangun infrastruktur. Setelah infrastruktur dibangun, kiri-kanan jalan ini akan dibangun sektor swasta.

“Kita perhatikan jalan dari Mabuun ke Sulingan sudah tidak mungkin lagi dikembangkan, jadi satu-satunya agar kota kita ini bisa bernafas saya bersama Wabup dan disetujui Ketua DPRD membangun jalan sepanjang 4,2 km ini,” bebernya.

Anang bilang jalan ini nantinya menjadi jalan kabupaten terbaik sepanjang sejarah  Kabupaten Tabalong yang sudah berusia 56 tahun.

“Kita berharap akhir tahun jalan dan jembatan ini bisa selesai dibangun supaya tanggal 1 Desember bisa diresmikan,” ucapnya.

Ujar Anang lagi, di lokasi ini nantinya juga dibangun Sport Center, lahannya telah disiapkan 20 hektar. Saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari Menpora setelah itu akan dibawa ke Menteri PU.

“Menpora minta Sport Center bertarap  nasional untuk menunjang Ibu Kota Negara Nusantara,” sebutnya.

Selain itu, di lokasi ini juga akan disiapkan lahan untuk Mapolres Tabalong, Kodim 1008/Tabalong dan Pengadilan Negeri Tanjung.

“Untuk Mapolres minimal 5 hektar, Kodim minimal 2 hektar dan PN Tanjung sudah disiapkan 2 hektar dan untuk perkantoran lainnya. Kalau kantor bupati dan DPRD tetap,” terang Anang.

“Saya berharap sebelum akhir masa jabatan bersama Wabup, lokasi ini sudah berubah menjadi pusat pertumbuhan baru di Kabupaten Tabalong, sekaligus menjadi jalan alternatif ke kota, ” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sopir Angkot Tabalong

Pemkab Tabalong

Puluhan Sopir Angkot Tabalong Divaksin Covid-19
Wagub Kalsel

Pemkab Tabalong

Pesan Wagub Kalsel di Puncak Harjad ke-56 Tabalong
Dinas PUPR Tabalong

Pemkab Tabalong

Dinas PUPR Tabalong Lakukan Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan
bandara Internasional

Pemkab Tabalong

Komisi V DPR RI Tinjau Usulan Lokasi Wacana Pembangunan Bandara Internasional di Tabalong
Geo Spasial

Pemkab Tabalong

Pemkab Tabalong Jadi Finalis Geo Spasial Banua Award 2022

Pemkab Tabalong

Pemkab Tabalong Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-turut, Bupati Anang Ucap Syukur

Pemkab Tabalong

Lantik Kades Jirak Pugaan, Simak Pesan Wabup Tabalong
Tabalong

Pemkab Tabalong

Ambruk Lagi, Jalan Desa Purui Jaro Tabalong Kembali Diperbaiki
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com