Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022
agustus

Periksa Sapi Kurban di Banjarmasin, Petugas Temukan Cacing Hati

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin menemukan sejumlah sapi kurban yang terinfeksi cacing hati.
- Apahabar.com     Minggu, 10 Juli 2022 - 22:19 WITA

Periksa Sapi Kurban di Banjarmasin, Petugas Temukan Cacing Hati

Petugas DKP3 Banjarmasin memeriksa hati sapi dari sejumlah titik penyembelihan hewan kurban, Minggu (10/7). Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin menemukan sejumlah sapi kurban yang terinfeksi cacing hati.

Temuna itu diketahui setelah petugas kesehatan hewan melakukan monitoring keliling di sejumlah titik penyembelihan hewan kurban, Minggu (10/7).

“Sekitar 10 titik yang dikunjungi, terutama di kawasan Banjarmasin Tengah. Hasilnya ditemukan kasus sapi yang terinfeksi cacing hati,” papar drh Anang Dwijatmiko, Medic Veterineer DKP3 Banjarmasin.

Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tetap tenang. Penyebabnya temuan cacing hati biasa terjadi dalam melaksanakan pemotongan kurban.

“Sebagai langkah tindak lanjut, panitia kurban diminta memisahkan hati sapi kurban yang terkena cacing hati,” jelas Anang Dwijatmiko.

“Alhamdulillah panitia juga cepat merespons situasi, sehingga hati sapi yang terinfeksi cacing hati langsung dimusnahkan atau tidak diberikan kepada warga,” sambungnya.

Dikutip dari berbagai sumber, pemicu cacing hati adalah pakan yang masih basah dan langsung diberikan kepada ternak.

Biasanya pakan tersebut berupa rumput yang diambil dari sawah, sehingga tercampur dengan keong kecil-kecil sebagai pembawa parasit.

“Masyarakat jangan panik, karena cukup memisahkan hati yang sudah terinfeksi cacing tersebut. Sedangkan bagian lain seperti daging masih layak dikonsumsi,” tandas Anang.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Cuaca Kalsel

Hot Borneo

Cuaca Kalsel Hari Ini: Banjarbakula Cerah Berawan, Wilayah Pesisir Waspada Hujan Petir
BKD

Hot Borneo

BKD Kalsel Raih Penghargaan dari BKN

Hot Borneo

Terkesima Derby Papadaan, Ketum PSSI Lirik Uji Coba Timnas di Segiri
Partai Ummat

Hot Borneo

Pidato Politik Ketum Partai Ummat Ridho Rahmadi: Oligarki di Balik Demokrasi

Hot Borneo

Awalnya Main-main, Perang Sarung Kembali Picu Tawuran di Balikpapan
Jembatan Paringin balangan

Hot Borneo

Jembatan Paringin Dibuka, Roda Empat Boleh Melintas
FKUB Banjarmasin

Hot Borneo

Keributan Satpol PP dan Pemilik Rumah Makan, FKUB Banjarmasin: Taati Perda Ramadan
Wong Solo HSS

Hot Borneo

Manajer Restoran di HSS Bantah Tudingan Dewan ke Pemkab Soal Pajak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com