Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik [ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

PLN Dorong Roda Perekonomian Masyarakat Sekitar PLTU Asam Asam

- Apahabar.com     Selasa, 19 Juli 2022 - 21:26 WITA

PLN Dorong Roda Perekonomian Masyarakat Sekitar PLTU Asam Asam

PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Asam Asam menyalurkan bantuan senilai Rp 261 juta kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Putra Pribumi. Foto-Ist

apahabar.com, ASAM-ASAM – PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Asam Asam menyalurkan bantuan senilai Rp 261 juta kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Putra Pribumi yang bernaung di bawah Perangkat Desa Sungai Baru. Bantuan diserahkan dalam bentuk 1 unit mesin cetak paving blok dan batako beserta pelatihannya.

Penyaluran bantuanini sebagai salah satu wujud pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada warga sekitar Desa Sungai Baru yang terletak tidak jauh dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam Asam.

Selanjutnya, mesin ini akan digunakan sebagai media untuk memproduksi paving blok dan batako menggunakan limbah hasil pembakaran batu bara berupa Flying Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Asam Asam sebagai bahan baku utamanya.

Bahan baku ini kemudian diperoleh secara gratis dari PLN UPK Asam Asam.

Manager PLN UPK Asam Asam Dani Esa Windiarto berharap melalui program TJSL di lingkungan PLN UPK Asam Asam ini dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat serta berjalan secara berkelanjutan.

“PLN berusaha membantu masyarakat sekitar Desa Sungai Baru dengan memberikan program yang mendukung masyarakat agar dapat mandiri. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan kontinu sebagai salah satu penggerak perekonomian masyarakat,” terangnya.

Di samping itu, Direktur BUMDes Karya Putra Pribumi Susilo mengungkapkan kehadiran mesin cetak ini akan sangat membantu masyarakat di sekitar ring 1 PLTU Asam Asam untuk memaksimalkan produksi paving blok dan batako yang berbahan baku FABA.

“Kami bertekad untuk menjadikan produksi paving blok dan batako berbahan baku FABA ini untuk menjadi ikon desa sungai baru. Produksi paving blok dan batako ini akan kami pasarkan ke seluruh daerah sekaligus memperkenalkan potensi pemanfaatan FABA bagi masyarakat.” imbuhnya.

Pemanfaatan FABA ini mengadopsi prinsip ekonomi sirkuler di mana limbah yang merupakan produk buangan dapat ditarik kembali ke dalam proses produksi dan menghasilkan produk yang memiliki nilai jual.

Ekonomi sirkular merupakan pendekatan sistem ekonomi melingkar dengan memaksimalkan kegunaan dan nilai tambah dari suatu bahan mentah, komponen, dan produk sehingga mampu mereduksi jumlah bahan sisa yang tidak digunakan dan dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PLN UIKI Kalimantan

PLN Dukung Pameran Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia Periklindo EV Show 2022
Listrik IKN Nusantara

PLN UIKI Kalimantan

Siap Kawal Pembangunan IKN Nusantara, Begini Strategi PLN
pln

PLN UIKI Kalimantan

Dorong Pencapaian Net Zero Emission, PLN Pasang Panel Surya
pasokan listrik

PLN UIKI Kalimantan

Siaga 24 Jam, PLN Pastikan Pasokan Listrik Sambut Idulfitri 1443 H
Vaksinasi

News

BIN Kalsel-Arutmin Gencarkan Vaksinasi

PLN UIKI Kalimantan

Setelah Jalan, PLN Kalimantan Sulap Limbah Batu Bara untuk Pujasera
PLN Kalimantan

PLN UIKI Kalimantan

Kiat Jitu PLN Kalimantan Sabet Penghargaan K3: Budayakan Safety Briefing
Menteri BUMN Erick Thohir

PLN UIKI Kalimantan

Pembentukan Holding Subholding Bukan untuk Meliberalisasi PLN
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com