Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

PLN Edukasi Masyarakat di Sekitar PLTU Pulang Pisau tentang Pemanfaatan Limbah Batu Bara

- Apahabar.com     Selasa, 12 Juli 2022 - 20:47 WITA

PLN Edukasi Masyarakat di Sekitar PLTU Pulang Pisau tentang Pemanfaatan Limbah Batu Bara

PT. PLN (Persero) melaksanakan Knowledge Sharing implementasi pemanfaatan FABA sebagai bahan baku kontruksi di aula Kecamatan Kahayan Hilir, Pulang Pisau, Palangkaraya. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – PT. PLN (Persero) melaksanakan Knowledge Sharing implementasi pemanfaatan FABA sebagai bahan baku kontruksi kepada pegawai kecamatan dan perangkat desa di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau di aula Kecamatan Kahayan Hilir, Pulang Pisau, Palangkaraya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Palangkaraya, Heni Setyo Handoko mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman di masyarakat tentang limbah hasil pembakaran batubara yakni Flying Ash dan Bottom Ash (FABA) akan punya nilai ekonomis apabila dikelola secara tepat.

Setelah dikategorikannya FABA menjadi Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), PLN terus berkomitmen untuk memanfaatkan FABA sebagai bahan baku kontruksi salah satunya menjadi paving blok, batako ringan, penimbunan rumah atau gedung dan dalam bentuk lainnya yang diberikan kepada masyarakat untuk kepentingan bersama.

“Kami mendorong pemerintah daerah untuk membangun fasilitas umum dengan menggunakan FABA yang berasal dari PLTU Pulang Pisau. Kami sangat terbuka bagi pemerintah daerah maupun badan usaha milik masyarakat lainnya yang ingin memanfaatkan FABA tersebut,” ujar Handoko.

Camat Kahayan Hilir, Osa Maliki menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan kegiatan knowledge sharing yang dilakukan terkait pemanfaatan FABA dari PLN UPDK Palangkaraya.

“Semoga dengan adanya kegiatan sharing ini dapat menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik serta dapat meningkatkan pemanfaatan limbah batu bara ini untuk pembangunan Kota Pulang Pisau khususnya Kecamatan Kahayan Hilir dan Desa Wilayah Ring 1 PLTU Pulang Pisau,” ungkapnya.

Melihat besarnya potensi dari pemanfaatan FABA ini, PLN memastikan untuk senantiasa mengoptimalkannya baik pada sektor konstruksi, infrastruktur, pertanian dan lainnya. Melalui pemanfaatan ini, diharapkan FABA mampu mendorong perekonomian nasional.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PLN UIKI Kalselteng

Jhonlin Group Dukung Pembangunan SUTT 150 kV Batulicin – Tarjun
Atlet Kalimantan Selatan, Putri Maulina menyabet satu medali perunggu di cabang Atletik nomor lempar Cakram Klasifikasi F-42/43/44, ASEAN Para Games ke-11. Foto-Istimewa.

PLN UIKI Kalselteng

PLN Antarkan Atlet Kalsel Sabet Medali di ASEAN Para Games
PLN

PLN UIKI Kalselteng

Kalsel Punya Unit Anjungan Listrik Mandiri, Disini Lokasinya

PLN UIKI Kalselteng

Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren, PLN Salurkan Bantuan Hewan Ternak
PLN

PLN UIKI Kalselteng

Gandeng IBC, PLN Grup Mulai Pengembangan Battery Energy Storage System
Hari Pohon Sedunia

PLN UIKI Kalselteng

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Tanam Bibit Pohon Produktif

PLN UIKI Kalselteng

Pembangunan SUTT di Sebuku Dongkrak Ekonomi Warga Kotabaru
PLN Kalsel

PLN UIKI Kalselteng

Kalsel Surplus Listrik, PLN-Poliban Dorong Inovasi Kelistrikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com