Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru Divonis 8 Tahun Penjara, Wahid Dibebaskan dari Ganti Rugi Rp26 Miliar  Apkasi Ajak Perusahaan Barang Jasa Rebut Peluang Pengadaan di Pemda Melalui APN 2022
agustus

Puluhan Warga Protes Pelaksanaan Pilkades 2022 di HSS, Minta Kotak Suara Dibuka

Puluhan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Desa Bamban, Bakarung, Taniran Selatan atau Babatan menyampaikan protes pelaksanaan...
- Apahabar.com     Rabu, 20 Juli 2022 - 16:13 WITA

Puluhan Warga Protes Pelaksanaan Pilkades 2022 di HSS, Minta Kotak Suara Dibuka

Audiensi Pemkab dan Forkopimda HSS bersama Aliansi Masyarakat Desa Babatan. Foto-apahabar.com/Nuha

apahabar.com, KANDANGAN – Puluhan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Desa Bamban, Bakarung, Taniran Selatan atau Babatan menyampaikan protes pelaksanaan Pilkades 2022 kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS), Rabu (20/7).

Mereka merasa tidak puas akan hasil Pilkades HSS serentak yang digelar pada 2 Juni lalu, kemudian menyampaikan aspirasi penolakan dengan menyambangi Kantor Sekretariat Daerah (Setda) setempat.

Kedatangan masyarakat tersebut disambut oleh pejabat Pemkab HSS bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan melakukan audiensi di Aula Rakat Mufakat Setda HSS.

Puluhan warga meminta kepada pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan membuka kembali kotak suara, karena diduga ada sejumlah kecurangan sehingga harus dilakukan perhitungan ulang.

Perwakilan Aliansi Masyarakat Desa Babatan, Pahrudin mengatakan bahwa tujuan melakukan audiensi bersama Pemkab dan Forkopimda HSS untuk menyuarakan aspirasi.

Pilkades 2022 HSS

Warga yang keberatan hasil Pilkades mulai tiba di depan Kantor Setda Kabupaten HSS. Foto-apahabar.com/Nuha

“Kami hanya ingin meluruskan simpang siurnya tentang keabsahan surat suara yang mana ada beberapa desa beda TPS, beda keputusan sehingga aspirasi ini kami sampaikan demi menjaga nama baik desa, kecamatan dan kabupaten,” katanya.

Harapannya, Pilkades selanjutnya tidak terulang lagi adanya kecurangan baik tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Menanggapi untuk melakukan pembukaan kotak suara, Pemkab HSS dengan tegas terpaksa harus menolak lantaran terkendala dengan peraturan yang berlaku.

Tidak ada peraturan yang memperbolehkan untuk membuka kotak suara jika terindikasi atau diduga ada terdapat kecurangan dalam pencoblosan Pilkades.

Mengacu pada Peraturan Bupati HSS Nomor 9 Tahun 2022, seluruh proses tahapan Pilkades sudah sesuai aturan termasuk keputusan pleno pada tingkat desa yang diperkuat tanda tangan pengesahan oleh seluruh saksi calon Kepala Desa yang ada.

Bupati HSS Achmad Fikry menyampaikan bahwa Pemkab dan Forkopimda telah mendengar aspirasi yang disampaikan oleh warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Desa Babatan.

“Aspirasi mereka telah kita dengar dan seperti yang saya katakan, kita bicara aturan tidak ada bicara kebijakan, sesuai peraturan plenonya itu ada di desa, kalau desa mengatakan sah ya sah dan semua saksi telah tanda tangan,” kata Bupati Fikry.

Bupati Fikry menyarankan kepada warga yang masih keberatan akan hasil audiensi untuk menempuh jalur hukum dengan menggugat melalui Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN).

“Begitu saya keluarkan SK dan dilantik nanti, surat itu bisa menjadikan dasar mereka untuk menggugat ke PT TUN kalau memang menginginkan itu,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Bupati HSS merupakan bentuk transparansi pemerintah terhadap hak-hak masyarakat.

“Tetapi kalau tadi mereka meminta kebijakan untuk membuka surat suara itu tidak memungkinkan karena aturannya tidak ada, jangan sampai kita menabrak aturan,” jelas Bupati Fikry.

Bupati Fikry menambahkan bahwa audiensi ini menjadi pelajaran bagi pemerintah daerah, aspirasi yang disampaikan warga suatu hal yang perlu dikaji untuk menyambut Pilkades berikutnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Korban Laka Maut di Banjarbaru

Hot Borneo

Kronologis Laka Maut R2 vs R4 di Banjarbaru Tewaskan Seorang Kakek
Revitalisasi Sekumpul

Hot Borneo

[ANALISIS] Asal-asalan Proyek Miliaran di Sekumpul

Hot Borneo

Blakblakan BPKP Kalsel Soal Modus Penyimpangan Perjalanan Dinas
Iduladha

Hot Borneo

Polda Kalteng Bagi 31 Hewan Kurban di Iduladha
Sondani

Hot Borneo

Ehemm, H Sondani Jatuh Hati pada Pandangan Pertama

Hot Borneo

Jelang Hari Kemerdekaan, Penjual Bendera dan Umbul-umbul Mulai Ramai di Palangka Raya
Minyak Goreng langka

Hot Borneo

Penerapan Belum Merata, Migor Satu Harga Langka di Banjarbaru
CBR

Hot Borneo

Deklarasi CBR Banjarbaru, Harap Tingkatkan Pariwisata Banua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com