[ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

- Apahabar.com     Jumat, 1 Juli 2022 - 16:19 WITA

Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Rikwanto, memberikan selamat kepada salah seorang perwira menengah yang mendapatkan kenaikan pangkat, Jumat (1/7). Foto: apahabar.com/Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Bertepatan momen Hari Bhayangkara ke-76, Jumat (1/7), sedikitnya 595 anggota Polda Kalimantan Selatan mendapatkan kenaikan pangkat.

Kenaikan pangkat tersebut ditahbiskan dalam upacara pembagian rapor yang dipimpin Kapolda Irjen Pol Rikwanto.

Mereka yang menerima kenaikan pangkat terdiri dari 571 anggota Polri periode 1 Juli 2022, serta 24 PNS Polri periode 1 April 2022.

Mulai dari perwira menengah dengan pangkat tertinggi Komasaris Besar (Kombes), hingga bintara berpangkat Brigadir Pertama (Briptu).

Rinciannya 3 anggota berpangkat AKBP naik pangkat menjadi Kombes Pol. Kemudian 11 orang dari Kompol menjadi Akbp, ditambah 5 orang dari AKP menjadi Kompol.

Selanjutnya 5 orang dari Iptu menjadi AKP, 18 orang Ipda ke Iptu, 4 orang Aipda ke Aiptu, serta 48 orang dari Aipda ke Aiptu.

Ditambah 209 orang dari Bripka ke Aipda, 75 orang Brigadir ke Bripka, 57 orang dari Briptu ke Brigadir, plus 136 orang Bripda ke Briptu.

“Ini hadiah dari negara atas kinerja. Selamat kepada rekan-rekan yang naik pangkat menjadi Kombes, AKBP ke bawah dan seterusnya,” papar Kapolda Kalsel.

Di sisi lain, perwira tinggi bintang dua itu juga mewanti-wanti kepada seluruh anggota agar marwah kepolisian mesti dijunjung tinggi.

Rikwanto juga menekankan agar semua polisi menghargai dan tidak mencederai kepercayaan masyarakat, serta terus berbenah.

“Kalau tidak bisa berprestasi, semestinya rekan-rekan bekerja saja dengan baik. Kalau tidak bisa berprestasi, jangan malah membuat kasus,” tegas Rikwanto.

Polda Kalsel sendiri sedang menjadi sorotan publik, seiring sederet kasus kematian tahanan di sejumlah Polres.

“Kepada seluruh anggota agar hati-hati dalam mengambil tindakan, khususnya penegakan hukum. Kalau mengejar pengakuan, jangan malah digebuki atau tindak kekerasan lain,” seru Rikwanto.

“Keluarkan kemampuan polisi melalui scientific investigation. Profesionalisme polisi itu diukur dari kemampuan mengungkap masalah tanpa kekerasan,” imbuhnya.

Memang polisi diberi kewenangan untuk menggunakan kekerasan, tapi semuanya harus terukur. Makanya polisi juga dituntut memahami karakteristik pelaku kejahatan.

“Jangan sampai tindakan terukur itu berlebihan, karena pengambilan yang berlebihan juga akan diukur. Kalau diukur berlebihan, ujung-ujungnya bisa dipidana,” tegas Rikwanto.

Kapolda Kalsel juga mengingatkan para pimpinan satuan untuk tidak lepas tangan, seandainya anak buah melakukan kesalahan.

“Dikhawatirkan pembiaran itu dapat memengaruhi psikologis anggota dalam mengoptimalkan tugas,” pungkas Rikwanto.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Polisi Ungkap Kronologi Laka Tunggal di Liang Anggang Banjarbaru
Bejat

Hot Borneo

Dibuntuti, Diculik, Bidan di Kubar Kaltim Dilecehkan Kakak Sendiri
Khofifah

Hot Borneo

Kemah di IKN Kaltim, Khofifah Bawa Air Majapahit
Oprit

Hot Borneo

PUTR HSS Janji Tangani Oprit Jembatan Desa Mandala Telaga Langsat Ambrol
Intan Banjar

Hot Borneo

Usai Somasi, Lalu Disentil Ombudsman, PDAM Banjar Kini Terancam Digugat

Hot Borneo

Kerusakan PJU Lambat Diperbaiki, Begini Respons Disperkim Banjarbaru
kabupaten kapuas

Hot Borneo

Duh, Kasus Covid-19 di Kapuas Kembali Meningkat

Hot Borneo

Diduga Tenggelam, Pencarian Pemancing di Sungai Martapura Berlanjut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com