Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Saksi Ahli Hukum Pidana Pertanyakan KPK: Penetapan Tersangka Diawal Proses Penyidikan

- Apahabar.com     Kamis, 21 Juli 2022 - 23:11 WITA

Saksi Ahli Hukum Pidana Pertanyakan KPK: Penetapan Tersangka Diawal Proses Penyidikan

apahabar.com, JAKARTA – Ahli hukum Pidana dan Perdata menilai kalau penetapan tersangka pada Bendum NU Mardani H. Maming tidak sah. Sebab, terdapat proses dilanggar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

“Pernyataan Doctor Flora, proses dimulainya penyidikan tidak boleh menetapkan tersangka, itu ada cacat dan bisa membuat penetapan tersangka tidak sah,” kata tim kuasa hukum Denny Indrayana saat menghadiri sidang Praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (21/7/2022).

Ahli menyebutkan, apabila KPK menetapkan tersangka di awal proses penyidikan, maka proses itu salah dan status tersangka tidak sah. Menurut hukum yang berlaku, penetapan tersangka dilakukan diakhir proses penyidikan setelah menjalani proses penyelidikan dan penyidikan.

“Untuk menjelaskan KPK tidak berwenang menangani perkara ini, ada proses penyidikan yang melanggar HAM dan due process of law,” tutur mantan Wamenkumham itu.

Selain itu, ahli Hukum Tata Negara dan Ilmu Perundang-Undangan Aan Eko Widiarto menambahkan KPK tidak berwenang menangani perkara tersebut.

Keputusan Bersama antara KPK, Polri, dan Kejaksaan tahun 2012 yang diungkapkan ahli. KPK tidak dapat lagi memproses perkara yang sama, apabila institusi lain sudah memproses perkara itu.

“Doctor Aan menegaskan pemaknaan pasal 50, KPK tidak berwenang menangani perkara mardani H Maming karena sudah ada penanganan perkara yang sama di Kejaksaan Agung,” kata Denny seusai sidang.

 

Editor: Pramirvan Aprillatu - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

News

Kripto Cuci Gudang, Harga Bitcoin Ambruk ke US\$29 Ribu
Cuaca Kalsel

News

Cuaca Hari Ini, Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir
gempa

News

Gempa M 7,3 Jepang, Wadubes RI: Belum Ada Laporan WNI Terdampak
Presiden Jokowi

News

Sudah Sering Tanggapi Kasus Pembunuhan Brigadir Yoshua, Presiden Jokowi: Tanyakan ke Kapolri
Netizen Desak Paman Birin Segera Lockdown Kalsel, Begini Pengertian Lockdown

News

Bulan Ini, Paman Birin Target 70 Persen Vaksinasi Lengkap 
Kurban Kotabaru

News

Semarak Iduladha: Warga Pulau Laut Ramai-Ramai Berkurban
Konflik

News

Konflik Rusia-Ukraina, Apa Kabar 145 WNI?
Suzuki Baleno

News

Sebab Mobil Hatchback Jadi Incaran Para Anak Muda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com