Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Sampaikan KUA dan PPAS APBD 2023, Pemkab HSS Fokus Tingkatkan SDM

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon...
- Apahabar.com     Selasa, 12 Juli 2022 - 18:22 WITA

Sampaikan KUA dan PPAS APBD 2023, Pemkab HSS Fokus Tingkatkan SDM

Serah terima berkas KUA dan PPAS APBD TA 2023. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023 pada Selasa (12/7).

Penyampaian ini dilakukan dalam rapat paripurna yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi.

Bupati Achmad Fikry menyampaikan tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah 2023 merupakan tahun kelima dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) HSS 2018-2023.

Hal ini sesuai rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun anggaran 2023 yang mengusung tema ‘Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkontribusi terhadap kemandirian ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan’.

Tema pembangunan tersebut akan didukung dengan prioritas pendukung strategi pembangunan, yaitu pembangunan manusia melalui peningkatan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas sosial dan ekonomi, pembangunan sumber daya alam dan lingkungan hidup, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan peningkatan kualitas birokrasi dan pelayanan publik.

“Berdasarkan prioritas pendukung strategi pembangunan dan asumsi ekonomi makro, maka HSS membuat beberapa target pembangunan pada tahun 2023,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Nilai indeks pembangunan manusia sebesar 71,86-72,57, tingkat pengangguran terbuka sebesar 1,86-1,75 persen, laju pertumbuhan ekonomi 5,50-5,90 persen, tingkat kemiskinan sebesar 4,65-4,28 persen dan indeks kualitas lingkungan hidup sebesar 71,00-72,25.

“Untuk mencapai target pembangunan tersebut diperlukan sumber penerimaan daerah untuk membiayainya, hal ini penting untuk mengukur kemampuan keuangan daerah dalam meracik strategi serta menyusun prioritas program dan kegiatan,” ucapnya.

Bupati Achmad Fikry melanjutkan, total proyeksi penerimaan daerah sebesar Rp 1 trilun 323 miliar 44 juta 244 ribu dengan rincian target pendapatan daerah 2023 sebesar Rp 1 triliun 163 miliar 590 juta 784 ribu dan target penerimaan pembiayaan 159 miliar 453 juta 450 ribu.

“Target ini dihitung dengan memperhatikan tren penerimaan daerah pada tiga tahun sebelumnya,” tandasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab HSS

HSS Terus Berupaya Antisipasi Perubahan Iklim Ekstrem

Pemkab HSS

Warga Padang Batung HSS Dapat Layanan KB Gratis Hari Kontrasepsi Sedunia
Pelantikan Kades HSS

Pemkab HSS

Sah! 129 Kepala Desa di HSS Resmi Dilantik Bupati Fikry
TP PKK HSS

Pemkab HSS

Ciptakan Keluarga Anti-Narkoba, TP PKK HSS dan BNNK Teken MoU
Wabup HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan piagam penghargaan kepada BIN Daerah Kalsel. Foto-apahabar.com/Nuha

Pemkab HSS

Bantu Percepatan Vaksinasi, Pemkab HSS Serahkan Penghargaan BIN Daerah Kalsel
Vaksin Tahap Dua

Pemkab HSS

Dear Warga HSS, Vaksin Tahap Dua Segera Tiba
Grand Finalis Utuh-Aluh

Pemkab HSS

Grand Finalis Utuh-Aluh HSS Diminta Jadi Duta Prokes Covid-19

Pemkab HSS

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di HSS, Momentum Introspeksi Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com