Amuk Jago Merah di Balikpapan Hanguskan Rumah hingga Motor Pekerja Lokal Bakal Tertinggal, Rocky Gerung: Negara Lain Take Off, Kita Sibuk Bertengkar soal Polisi Papua Bukan Daerah Operasi Militer, Imparsial: Kenapa Tentara yang Maju?   Terombang-ambing di Selat Makassar, Pria Sulawesi Berhasil Selamat Yang Perlu Diperhatikan Setelah Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita
agustus

Satlantas Polres Tanah Bumbu Musnahkan Ratusan Knalpot Brong

Satlantas Polres Tanah Bumbu menggelar pers rilis pemusnahan ratusan knalpot racing atau brong di Halaman Pos Lantas Simpang Empat...
- Apahabar.com     Kamis, 7 Juli 2022 - 11:02 WITA

Satlantas Polres Tanah Bumbu Musnahkan Ratusan Knalpot Brong

Pemusnahan knalpot brong hasil sitaan di Polres Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – Satlantas Polres Tanah Bumbu menggelar pers rilis pemusnahan ratusan knalpot racing atau brong di Halaman Pos Lantas Simpang Empat, Kamis (7/7).

Pemusnahan dilakukan dengan cara memotong knalpot menggunakan alat pemotong besi.

Ratusan knalpot brong yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan pelanggaran lalu lintas selama operasi kepolisian di 2022 ini.

“Ada 115 knalpot brong yang kami musnahkan,” ungkap Kapolres Tanah Bumbu, melalui Kabag Ops, Kompol Andri Hutagalung, didampingi Kasi Humas, AKP H I Made Rasa.

Kompol Andri mengatakan kegiatan pemusnahan ini adalah bentuk dari upaya represif mereka setelah upaya preemtif dan preventif yang dilakukan beberapa bulan lalu.

“Pemusnahan ini bertujuan untuk memberikan
pelajaran bagi pelanggar agar pengguna jalan bukan saja menghargai sesama pengguna jalan, akan tetapi juga masyarakat sekitar yang menggunakan jalan dan tinggal di dekat jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu, AKP Guntur Setyo Pambudi, mengatakan penggunaan knalpot tidak sesuai standar sangat berdampak pada pencemaran udara dan suara. Karena knalpot brong tidak mempunyai penyaringan udara dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh knalpot brong tersebut.

Dia menyebut dampak negatif penggunaan knalpot brong di antaranya mengganggu kekhusyukan umat beragama dalam beribadah. Selain itu penggunaan knalpot brong dapat mengakibatkan kesalahpahaman antar pengguna jalan.

“Penindakan yang kami lakukan sudah secara
tegas dan humanis dan mengedepankan rasa empati agar dapat membuat pelanggar memahami dan patuh akan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah tentang knalpot racing atau brong,” tuturnya.

Kasat Lantas mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam berkendaran, karena penertiban knalpot brong akan dilaksanakan secara kontinu.

“Kami dari Polres Tanah Bumbu mengajak kepada masyarakat agar selalu patuhi peraturan lalu lintas dan hormati sesama pengguna jalan lainnya agar tercipta kamseltibcarlantas,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Mardani H Maming

Hot Borneo

Terbantahkan, Terdakwa Dwidjono Pastikan Mardani H Maming Tak Terima Dana Gratifikasi Izin Tambang

Hot Borneo

Kabar Gembira, Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Segera Sapa Warga Marabahan Batola
Gedung DPRD Banjarmasin

Hot Borneo

Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak
empat proyek besar di tapin mangkrak

Hot Borneo

Empat Proyek Besar dengan Dana Puluhan Miliar di Tapin Mangkrak

Hot Borneo

Polisi Gunakan TAA Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Keluarga Kakanwil Kemenag Kaltim
apahabar.com

Hot Borneo

Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara

Hot Borneo

Polisi Keluarkan Pistol di Tengah Kerumunan Driver Gojek, Pengamat Bicara Soal SOP
Sajam Cempaka Banjarbaru

Hot Borneo

Mabuk-Bawa Sajam di Pekarangan Rumah Orang, Pemuda Banjarbaru Diamankan Polisi!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com