Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST Heboh Siswa Banjarmasin Diduga Tertular Covid-19, Disdik Turun Tangan Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Seluruh Wilayah Berpotensi Cerah Berawan Banjir Hantakan HST Rengut Nyawa Balita, Lebih Lima Desa Terendam Terungkap, Motif Pembunuhan 17 Agustus di Cempaka Banjarbaru
agustus

Semarak Tahun Baru Islam di Batola, Ada Tanglong Kapal Hias dan Festival Habsyi

Dikemas dalam event bertajuk Festival Muharram, digelar sejumlah kompetisi seni yang bernuansa Islami dan berpusat di Marabahan.
- Apahabar.com     Kamis, 21 Juli 2022 - 06:47 WITA

Semarak Tahun Baru Islam di Batola, Ada Tanglong Kapal Hias dan Festival Habsyi

Penampilan salah satu peserta festival habsyi dalam Festival Muharram 1443 Hijriah yang digelar Disporabudpar Batola. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Dibanding tahun-tahun sebelumnya, Tahun Baru Islam di Barito Kuala (Batola) akan terasa lebih meriah.

Dikemas dalam event bertajuk Festival Muharram, terdapat sejumlah kompetisi seni bernuansa Islami yang digelar sebelum maupun sesudah 1 Muharram 1444 Hijriah.

Salah satu perlombaan yang diyakini menarik perhatian adalah lomba tanglong kapal hias. Ini merupakan kegiatan perdana yang digelar di Bumi Selidah.

Adapun peserta terbuka untuk umum, tetapi khusus warga Batola. Peserta akan ditampilkan di Siring Ulek Marabahan, Sabtu (30/7) malam.

Adapun hiasan kapal disyaratkan tidak menyertakan lambang organisasi, negara, parpol, ormas, perusahaan maupun logo instansi.

Kemudian keesokan harinya, Minggu (31/7), dilangsungkan festival habsyi. Dilombakan kategori grup putra dan putri dengan persyaratan usia maksimal 35 tahun per 31 Juli 2022, serta warga Batola.

Berbeda dengan tanglong kapal hias, festival habsyi sudah pernah ditampilkan dalam Festival Muharram 1443 Hijriah atau 2021 Masehi.

Adapun pendaftaran rangkaian Festival Muharram 1444 Hijriah dapat dilakukan di Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Batola.

“Melalui rangkaian kegiatan tersebut, kami menginginkan Tahun Baru Islam menjadi lebih meriah dan hidup daripada Tahun Baru Masehi,” papar Bupati Batola, Hj Noormiliyani, Kamis (21/7).

“Mudah-mudahan semua yang dilakukan bisa menjadi salah satu legacy atau warisan dari Batola Setara dalam membangun masyarakat,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Masuk Perpusda Batola, Noormiliyani Dampingi Anak-anak Membaca

Pemkab Barito Kuala

Momentum Hari Jadi ke-72 Kalsel, Batola Terima Dua Penghargaan
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Baznas Batola Salurkan Zakat Senilai Rp91,5 Juta

Pemkab Barito Kuala

Tiga Pimpinan Tinggi Pratama di Batola Dirotasi, Berikut Daftar Lengkapnya

Pemkab Barito Kuala

Seleksi Pengganti Sekda Batola Dimulai, Lima Nama Bersaing
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Pertama di Batola, Festival Layang-layang Dipenuhi Peserta

Pemkab Barito Kuala

Buka Festival Balogo di Batola, Noormiliyani Terkenang Masa Kecil

Pemkab Barito Kuala

Agar Ramah Disabilitas, Mal Pelayanan Publik Batola Segera Revitalisasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com