Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik [ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Polisi Kasih Dua HP Terkait Brigadir J ke Komnas HAM: Isinya Siapa Menghubungi Siapa

- Apahabar.com     Kamis, 28 Juli 2022 - 13:37 WITA

Polisi Kasih Dua HP Terkait Brigadir J ke Komnas HAM: Isinya Siapa Menghubungi Siapa

apahabar, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, menerima cell dump dari Siber Bareskrim Polri, untuk menganalisa jaringan komunikasi yang terjadi pada Tempat Kejadian Perkara (TKP) kematian Brigadir J.

Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia, Choirul Anam, mengatakan bahwa pihaknya kini tengah mendalami cell dump dalam bentuk bahan mentah atau raw material.

“Salah satu yang digunakan adalah cell dump. Untuk menarik jaringan komunikasi itu. Kami juga sudah dikasih print dari cell dump tersebut. Apakah kita hanya dikasih itu, tidak. Tadi kita juga diberikan raw material – nya dan jumlahnya sangat banyak,” kata Anam kepada wartawan di Kantornya, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Cell dump adalah data mentah atau raw material dari buangan jaringan ponsel atau jejaring komunikasi di dalam ponsel dan sudah diterima Komnas HAM dari Siber Bareskrim Polri sebagai data dokumen digital atau jejak digital.

Sehingga, teknologi tersebut mampu memperoleh data Base Transceiver Station (BTS) atau tower penerima transmisi radio atau ponsel.

“Isinya kegiatan komunikasi antar teknologi, bukan orang dengan orang. Petanya penggambarannya itu seperti jaring laba laba, jadi disitu terlihat komunikasi siapa menghubungi siapa atau siapa terhubung dengan siapa itu ada,” kata Anam.

Untuk saat ini, analisis yang dilakukan oleh komnas HAM baru berjumlah dua ponsel, untuk kepemilikannya Choirul Anam menyampaikan bahwa pihaknya belum bisa memberikan keterangan.

“Hpnya ada dua, karena ini kerjanya labfor, pertanyaannya bukan milik siapa. Punya karakternya ama imeinya berapa. Itu hal hal itu akan kami sampaikan minggu depan,” kata Anam. (GABID) 

 

Editor: Pramirvan Aprillatu - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tak Percaya Survei, BPN Optimis Prabowo-Sandiaga Unggul

News

Keluh Pengusaha Sawit Kalsel Kala Larangan Ekspor CPO
apahabar.com

Nasional

Perpres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Berpotensi Digugat Kembali
Sintang

Nasional

Pasar Tengah Sungai Durian Sintang Terbakar, Satu Orang Tewas
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: Kita Ingin TNI dan Polri Ada di Setiap Keramaian
Wartawan

Nasional

Polda Metro Setop Kasus Pemukulan Aparat ke Wartawan, Kenapa?

News

Kunci Efektivitas Pemain Baru, Berikut Fakta-fakta Keberhasilan Barito Putera Bertahan di Liga 1
apahabar.com

Nasional

Baku Tembak dengan KKSB Papua, 2 Prajurit TNI Gugur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com