Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Sikapi Era Keterbukaan Informasi, PPID di Batola Dituntut Aktif

- Apahabar.com     Senin, 11 Juli 2022 - 14:26 WITA

Sikapi Era Keterbukaan Informasi, PPID di Batola Dituntut Aktif

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, memberikan pengarahan dalam sosialisasi penguatan PPID di Aula Mufakat Marabahan. Foto: Prokopimda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Seiring era keterbukaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Barito Kuala dituntut lebih aktif.

Sesuai dengan nama, PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di badan publik.

Mengingat keterbukaan informasi publik menjadi hal umum, PPID pun mendapatkan penguatan melalui sosialisasi yang digelar Dinas Komunikasi dan Inforkatika (Diskominfo) Batola, Senin (11/7).

“Peran PPID memang harus ditingkatkan, mengingat era keterbukaan sekarang membuat akses mendapatkan informasi menjadi hak yang fundamental,” papar Bupati Hj Noormiliyani AS, ketika membuka sosialisasi penguatan PPID.

“Sudah seharusnya PPID memahami tugas dan fungsi, serta aktif melalui media online maupun media sosial untuk memberikan informasi kepada masyarakat. terkait perkembangan pembangunan maupun pemerintahan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Diskominfo Batola, Akhmad Wahyuni, menjelaskan hampir semua perangkat kerja daerah memiliki pengelola website dan pejabat PPID.

PPID sendiri diketuai Kepala Diskominfo, serta PPID pembantu di setiap satuan perangkat kerja daerah dengan penanggungjawab Sekretaris Daerah.

“Pun dasar hukum yang menjamin keterbukaan publik melalui peran PPID sudah jelas. Diharapkan penguatan ini meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat dalam penyediaan informasi publik,” papar Wahyuni.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber Muhammad Ayubkhan selaku Kasi Layanan Informasi Publik Diskominfo Kalimantan Selatan.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Barito Kuala

Sempat Kosong, Kepala Dishub Batola Diisi Pejabat Definitif
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Jembatan Alalak Dibangun, Batola Kehilangan Pemasukan

Pemkab Barito Kuala

Cabut Gigi Pakai Tang, Warga Bagagap Batola Malah Terkena Kanker Mulut
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Sampai 2022, 6 Puskesmas di Batola Berstatus Utama

Pemkab Barito Kuala

Percepat Sepakati Batas Wilayah, Batola dan Tapin Diapresiasi Kementerian Dalam Negeri

Pemkab Barito Kuala

Capai Target Nasional, Inilah Pendongkrak Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Batola
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Antisipasi Ledakan OTG, Kantor Camat Alalak Disulap Jadi Karantina
apahabar.com

Pemkab Barito Kuala

Noormiliyani Dukung Pendidikan Inklusif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com