Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Syarat Baru Ditetapkan, Penumpang Syamsudin Noor Pilih Booster

- Apahabar.com     Senin, 18 Juli 2022 - 18:08 WITA

Syarat Baru Ditetapkan, Penumpang Syamsudin Noor Pilih Booster

Calon penumpang pesawat divaksinasi Covid-19 di Bandara Syamsudin Noor. apahabar.com/Fida 

apahabar.com, BANJARBARU – Syarat baru perjalanan dalam negeri (PDN) berlaku per 17 Juli kemarin, tak terkecuali di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.

Menurut edaran Satgas Covid-19 Nomor 21 Tahun 2022, penumpang yang telah mendapat vaksinasi booster tak lagi wajib menunjukkan hasil tes PCR atau rapid test (RT) antigen saat hendak bepergian.

Dan penumpang yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif RT antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Peraturan ini pun berlaku di Bandara Syamsudin Noor sebagai tindaklanjut dari edaran Kementerian Perhubungan No. SE.70 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Manajemen Angkasa Pura I juga telah bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI Angkatan Udara Sjamsudin Noor dalam menyediakan layanan vaksin untuk penumpang dan masyarakat umum yang hendak berpergian lewat Bandara Syamsudin Noor.

Salah satu calon penumpang, Dida K mengatakan bahwa lebih memilih vaksinasi dosis ketiga untuk melengkapi syarat penerbangannya ketimbang harus RT antigen atau PCR.

“Saya sudah booster, karena biar gak ribet harus antigen atau PCR,” ujarnya.

Sedangkan kedua anaknya yakni Zidan dan Gifta katanya sudah vaksinasi dosis kedua di sekolah sehingga telah mencukupi syarat layak terbang.

Senada dengan Dida, mahasiswa bernama Putra juga mengaku memilih divaksin dosis ketiga.

“Saya sudah booster, lama sudah. Jadi sekarang enak aja kalau mau bepergian kemana – mana,” terangnya.

Alasannya, lanjut Putra karena vaksinasi itu perlu dan mudah didapatkan.

“Ini upaya memutus Covid-19 ya, dan lokasi bervaksin di Banjarbaru itu banyak, terakhir saya booster di Bus Keliling Vaksinasi Pemkot Banjarbaru,” cetusnya.

Berbeda dengan Dida dan Putra, calon penumpang lainnya Atmo yang sudah berusia lanjut mengatakan jika dirinya memilih RT antigen untuk kelengkapan penerbanganya ke Surabaya hari ini.

“Dosis dua sudah, terus pakai antigen,” katanya.

Dijelaskan kakek berusia sekira 65 tahun itu, bahwa dirinya takut untuk vaksin dosis ketiga. Namun keluarganya yang juga ikut dalam perjalanan ini semua sudah vaksinasi dosis ketiga.

“Kami berlima, 1 masih bayi, 4 dewasa. Nah ketiga orang keluarga saya itu mereka tadi vaksinasi booster,” ungkap Atmo.

Menurut data serbuan vaksin di Bandara Syamsudin Noor yang bekerjasama dengan RS Auri, sejak 12 hingga 17 Juli kemarin tercatat ada 83 calon penumpang yang divaksinasi.

Kepala Unit TB DOTS Watum RSAU Sjamsudin Noor, Letda Kes Andhika menuturkan bahwa di lokasi serbuan vaksin disediakan vaksin dosis satu, dua dan tiga. Jenisnya sinovac, astrazenika, dan moderna.

“Mayoritas calon penumpang divaksin dosis ketiga atau booster,” katanya kepada apahabar.com.

Pantauan apahabar.com, per Senin (18/7) hari ini, di lokasi serbuan vaksin ada puluhan orang yang divaksinasi. Di mana memang terbanyak calon penumpang divaksin dosis ketiga.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Dandim Tanbu

Hot Borneo

Letkol Inf Aldin Hadi Resmi Jabat Dandim 1022/Tanah Bumbu

Hot Borneo

Polisi Masih Selidiki Kasus Dugaan Investasi Bodong Pedangdut Asal Kandangan
Corona

Hot Borneo

Kasus Corona Palangka Raya Meningkat Akibat Transmisi Lokal

Hot Borneo

Produksi Ekstasi Rumahan di Banjarmasin Dibongkar, Pelaku Belajar Via Video Call
Kalsel Pindah ke Banjarbaru

Hot Borneo

Ibu Kota Kalsel Pindah ke Banjarbaru, Partai Ummat Dukung Judicial Review ke MK
Gerindra Kalsel

Hot Borneo

Tekad Gerindra Raih 100 Kursi Parlemen & Menangkan Prabowo di Kalsel
Pelaihari

Hot Borneo

Komplikasi, Terpidana Korupsi RS Boejasin Batal Dieksekusi
Kalteng

Hot Borneo

HANI 2022 di Kalteng: Puluhan Jiwa per Hari Tewas karena Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com