Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Terancam Ditinggal, PODSI Kalsel Apungkan Wacana Gelar Porprov Mandiri di Batola

- Apahabar.com     Sabtu, 23 Juli 2022 - 13:16 WITA

Terancam Ditinggal, PODSI Kalsel Apungkan Wacana Gelar Porprov Mandiri di Batola

PODSI Kalimantan Selatan melirik opsi menggelar Porprov mandiri di Barito Kuala. Foto: Dokumen

apahabar.com, MARABAHAN – Terancam tak dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalimantan Selatan mengapungkan wacana menggelar event sendiri.

Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai tuan rumah Porprov Kalsel 2022, telah menetapkan 28 cabang olahraga sementara yang akan dipertandingkan.

Dari penetapan tersebut, dayung tidak termasuk cabang yang dipertandingkan bersama biliar, tinju, kempo dan menembak.

Diyakini salah satu alasan HSS tidak mempertandingkan cabang-cabang tersebut adalah keterbatasan anggaran, sumber daya atlet dan venue.

Situasi itu lantas memantik reaksi induk olahraga terkait, salah satunya PODSI Kalsel. Di sisi lain, dayung juga telah menjadi salah satu cabang andalan Bumi Lambung Mangkurat di PON.

Baca juga: Hindari Potensi Kerugian, KONI Batola Didorong Perjuangkan Dayung di Porprov 2022

Sembari berusaha agar dayung tetap dipertandingkan, PODSI Kalsel lantas mengapungkan wacana menggelar Porprov mandiri.

Wacana tersebut pun telah disepakati dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) PODSI Kalsel yang dihadiri perwakilan 13 kabupaten/kota, pertengahan Juli 2022.

“Apabila tak dipertandingkan di HSS, kami akan menyiapkan kejuaraan mandiri di Barito Kuala (Batola),” papar Ketua Umum PODSI Kalsel, Achdiat Sugian, seperti dilansir Diskominfo Media Center Kalsel.

“Meski diadakan terpisah, hasil kejuaraan mandiri itu tetap dimasukkan dalam perolehan medali Porprov 2022 di HSS,” imbuhnya.

Dapat Dukungan

Wacana itu bisa saja terealisasi, mengingat waktu pelaksanaan Porprov 2022 kian dekat. Sementara Rakonprov 2022 yang mengesahkan cabang-cabang olahraga di Porprov, tak kunjung digelar KONI Kalsel.

“Sebelumnya HSS menjadwalkan Porprov digelar mulai awal November 2022. Artinya minimal semua atlet harus melakukan pemusatan latihan sejak Agustus,” timpal Ketua PODSI Batola, Ahmad Wahyuni, Sabtu (23/7).

“Kalau daftar cabang olahraga masih tanpa kejelasan dan mengakibatkan jadwal pemusatan latihan tertunda, dikhawatirkan performa atlet tak maksimal. Ujung-ujungnya biaya dan tenaga terbuang begitu saja,” imbuhnya.

Terkait wacana Porprov mandiri, mayoritas peserta Rakerprov PODSI Kalsel 2022 bersepakat, termasuk Batola yang sedianya menjadikan dayung sebagai salah satu cabang unggulan.

“Selain digelar di Batola, Banjarmasin juga menjadi opsi lokasi pelaksanaan event mandiri. Kalau di Batola, PODSI Kalsel berminat menggelar event ini di Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana,” beber Wahyuni.

“Adapun nomor yang dipertandingkan kemungkinan perahu naga. Sementara nomor lain seperti kano dan rowing akan tetap digelar, tetapi hanya untuk seleksi atlet ke kualifikasi PON,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

INASP Fokus Pembinaan Pemanah Usia Dini
apahabar.com

Sport

SEA Games 2019: Akhir Penantian Tim Voli Indonesia Selama 10 Tahun Raih Emas
Najwa Shihab

Sport

Sentil PSSI, Najwa Shihab Ngaku Pernah Diancam Mafia Bola
Liga Inggris

Sport

Jadwal Liga Inggris: Kesempatan Tottenham Hotspur Menghalang Laju City
Liga Italia

Sport

Hasil Liga Italia: Start Manis Para Debutan, Inter Milan Bantai Genoa
apahabar.com

Sport

Croser Nasional Warnai Grasstrack Wiratama MX Serie I Kalsel

Sport

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Segrup dengan Australia

Sport

Mengenang Lima Momen Terbaik Valentino Rossi Sepanjang Karier
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com