Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Terimbas Perkembangan Mirrorless, Nikon Setop Produksi Kamera DSLR

- Apahabar.com     Rabu, 13 Juli 2022 - 12:53 WITA

Terimbas Perkembangan Mirrorless, Nikon Setop Produksi Kamera DSLR

Selama beberapa dekade, Nikon sukses merajai perkembangan kamera DSLR. Foto: PC Mag

apahabar.com, JAKARTA – Sekitar 60 tahun berjaya, Nikon dispekulasikan berhenti membuat kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR).

Selanjutnya raksasa optik dari Jepang ini memfokuskan pengembangan model baru perangkat mirrorless, meski masih memproduksi dan mendistribusikan model SLR yang sudah tersedia.

Dalam artikel yang dirilis Nikkei Asia, Nikon disebut telah kalah dengan pasar smartphone yang semakin banyak memproduksi smartphone dengan kamera powerful.

Atas spekulasi tersebut, Nikon tidak membenarkan atau menyangkal. Namun mereka menegaskan tetap melanjutkan produksi, penjualan dan layanan DSLR.

“Terdapat artikel media tentang penarikan Nikon dari pengembangan SLR. Artikel media itu hanya spekulasi dan Nikon belum membuat pengumuman resmi,” demikian jawaban Nikon.

Sebelumnya di awal Juni 2022, Nikon mengkonfirmasi telah menghentikan model D5600 dan D3500. Pun setelah meluncurkan D6 SLR di pertengahan Juni 2020, mereka tidak lagi merilis model SLR baru.

Nikon sendiri berdiri sejak 1917 dan mengadopsi nama merek ini sejak 1946. Mereka merilis SLR pertama di awal 1959 dan kerap dipuji oleh fotografer maupun jurnalis profesional.

Nikon menawarkan alternatif berkualitas tinggi untuk merek Jerman, seperti Leica yang pernah mendominasi pasar.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini mulai menawarkan DSLR di akhir 1990. Selanjutnya bersama Canon sebagai pesaing utama, Nikon mendominasi pasar kamera DSLR.

Namun sejak kamera mirrorless menjadi populer, penjualan DSLR Nikon mulai menurun. Mereka kemudian meluncurkan Nikon Z9 yang menjadi kamera mirrorless full-frame andalan profesional terlaris di kuartal pertama 2022.

Sementara Canon telah menyatakan EOS-1D X Mark III akan menjadi kamera DSLR andalan terakhir, setelah kebutuhan pasar dengan cepat bergerak menuju kamera mirrorless.

Oleh karena itu, Canon semakin menggerakkan konsumen ke arah mirrorless, tetapi tetap membuat beberapa kamera DSLR kelas menengah dan menengah di masa depan.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Gerindra Kalsel

News

Susul Ayahanda, M Nur Gerindra Kalsel Tutup Usia
PLN Kalimantan

News

Congratulations! PLN Kalimantan Sabet Penghargaan “Gold” di WISCA 2022
PLTB Kalsel

News

Kata Supian HK Soal PLTB Senilai Rp2 T Kalsel

News

Kemenkop-UKM Gelar Bootcamp Inkubasi Usaha untuk Tingkatkan Kapasitas Startup di Tujuh Kota
Yayasan Haji Maming

News

Yayasan H Maming Siap Fasilitasi Program Dai Mahasiswa INAIFAS di Tanah Bumbu
Kecelakaan Banjarmasin

News

BRAKKK! Motor Vs Truk di Pasar Lama Banjarmasin, Pemuda Meregang Nyawa

News

Usai Libur Lebaran, 150 Ribu Warga Pendatang Baru Diprediksi Masuk Jakarta
KEPP AKBP Brotoseno

News

Resmi, Polri Undangkan Perkapolri PK Keputusan KEPP AKBP Brotesono
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com