Berkedok Guru Spiritual, Pria Batola Cabuli Empat Jemaah, Satu dari Tapin! Dukung Industri Otomotif, SKF Siapkan Komponen Kendaraan Hybrid dan Listrik Besok, Dua Wakil Kalsel Siap Bertugas Jadi Anggota Paskibraka Nasional Selain Carens, Kendaraan Listrik Jadi Bintang Kia di GIIAS 2022 Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Syarat Perjalanan Terbaru
agustus

Wartawan Israel Menyusup Masuk Makkah, Berujung Minta Maaf

- Apahabar.com     Kamis, 21 Juli 2022 - 08:52 WITA

Wartawan Israel Menyusup Masuk Makkah, Berujung Minta Maaf

Wartawan Israel, Gil Tamary, ketika berswafoto di Arafah. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Setelah membuat geger dengan aksinya menyusup masuk ke Makkah, kota suci yang tak boleh dikunjungi non-Muslim, wartawan Israel, Gil Tamary, melayangkan permintaan maaf.

Tamary dianggap umat Muslim menghina Islam setelah merilis videonya berpelesir di Kota Mekkah hingga melewati gerbang Masjidil Haram. Dalam pernyataannya, Tamary mengaku tak bermaksud menyinggung umat Muslim, tapi justru ingin menunjukkan keindahan Kota Makkah yang sangat penting bagi dunia Islam.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa kunjungan ke Mekkah tidak dimaksudkan untuk menyinggung umat Islam atau orang lain. Jika ada yang tersinggung karena video ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya,” kata Tamary melalui kicauan di Twitter, seperti dikutip apahabar.com dari CNN Indonesia, Kamis (21/7).

“Tujuan dari seluruh upaya ini adalah untuk menunjukkan pentingnya Mekkah dan keindahannya. Keindahan agama, dan diharapkan bisa memperbesar rasa toleransi antara umat beragama dan inklusivitas,” paparnya menambahkan.

Tamary juga sempat mengatakan bahwa kunjungannya ke Makkah seperti mimpi yang menjadi kenyataan.

Tamary merekam perjalanannya melalui video yang kemudian disiarkan media tempat dia bekerja, Channel 13, pada Senin (18/7).

Dalam video itu, Tamary menyelipkan vlog dirinya sendiri tengah tersenyum ke arah kamera sambil berkata, “Saya di sini, di Mekkah. Mimpi menjadi nyata.”

Middle East Eye melaporkan bahwa dalam kunjungan itu,Tamary juga melakukan berbagai tingkah “nyeleneh”, salah satunya swafoto di Gunung Arafat.

Lokasi tersebut merupakan tempat Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya. Tempat ini selalu dikunjungi umat Muslim kala melakukan ibadah haji.

Selain itu, Tamary mengendarai mobil melewati Gerbang Mekkah, yang merupakan gerbang batas akhir non-Muslim. Ia juga sempat berkunjung ke Masjidil Haram.

Tamary sendiri sebenarnya berada di Arab Saudi untuk meliput konferensi yang dihadiri Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada pekan lalu.

Hingga kini, belum diketahui alasan Tamary bisa masuk ke Mekkah. Namun, Channel 13 sudah meminta maaf setelah warganet mengutuk jurnalisnya di jagat maya.

“Kunjungan editor rubrik dunia Gil Tamary ke Mekkah merupakan pencapaian jurnalistik penting, yang tidak dimaksudkan untuk menghina umat Muslim,” demikian pernyataan media itu.

Larangan Nonmuslim Masuk Makkah

Mengutip situs resmi PBNU, NU.or.id, Arab Saudi melarang masuk nonmuslim ke Makkah itu sejalan dengan hukum Islam. Disebut bahwa tanah suci Mekah dilarang dimasuki oleh warga nonmuslim. Nonmuslim bahkan dilarang mendekati Makkah.

Itu bisa dilihat dalam Al Quran surat At-Taubah ayat 28.بَعْدَ عَامِهِمْ هٰذَا ۚوَاِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيْكُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖٓ اِنْ شَاۤءَۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis (kotor jiwa), karena itu janganlah mereka mendekati Masjidil Haram setelah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin (karena orang kafir tidak datang), maka Allah nanti akan memberikan kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana”.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Kuasa Hukum: Strategi DPO Yang Dilancarkan KPK Mengganggu Keadilan
Kecelakaan Kandangan

News

Innalillahi.. Laka Maut di Kandangan-Batulicin Tewaskan Anak Eks Pambakal

News

Mulai Besok, Minyak Goreng Subsidi Dicabut Kementerian Perindustrian
Pantai Amurang minahasa

News

Pesisir Amurang Minahasa Abrasi; 31 Rumah Rusak, 266 Jiwa Mengungsi

News

Daftar 40 Parpol Calon Peserta Pemilu 2024, Belasan Masih Diperiksa
Rika Menwa Amuntai

News

Sepekan Pembunuhan Menwa Amuntai, Terduga Pelaku Masih Samar

DPRD Banjarbaru

Bantu Urai Kemacetan, ATCS Banjarbaru Dinilai Efektif

News

Keterbatasan Stok, Baru 500 Ekor Sapi di Palangka Raya Divaksin PMK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com