Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

19 UMKM Kalsel Mejeng di Pamor Borneo 2022 Jakarta

- Apahabar.com     Minggu, 28 Agustus 2022 - 17:56 WITA

19 UMKM Kalsel Mejeng di Pamor Borneo 2022 Jakarta

Salah satu booth UMKM Kalsel dalam pameran Pamor Borneo di Grand Atrium Mall Jakarta. Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan produk dari Kalimantan Selatan mengikuti pameran Program Akselerasi UMKM Berorientasi ekspor (Pamor) Borneo 2022 di Jakarta.

Berlangsung 24 hingga 28 Agustus di Grand Atrium Mall, kegiatan ini dilaksanakan Bank Indonesia (BI) dan semua pemerintah provinsi di Kalimantan.

Dari Kalimantan Selatan, tercatat 19 UMKM yang menampilkan produk unggulan. Mulai dari fesyen, aksesoris, kerajinan tangan, makanan hingga minuman.

Mereka adalah Kantan Sasirangan, Alsahid Sasirangan, T-Chic, Borlamsa, Mama Bungas Sasirangan, Dantis ,House Off Rafflesia, Anakkayu, Osan Indonesia, dan Rabita.

Kemudian Alina Sasirangan, Karya Anyam, Iges Jewelry, Rini Hidayati Jewelry, Deyana Ethnic by Casheilla, The Zamrud Jewelry, Purunik, serta Atraksi Alat Tenun dan Atraksi Purun Pelangi Alfirdaus.

“Semua UMKM yang ditampilkan telah lulus kurasi dari BI Kalsel,” papar Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, Minggu (28/8).

“Kami berharap program ini dapat memotivasi semua UMKM di Kalsel untuk meningkatkan kualitas, serta membuat produk baru yang berkelanjutan sesuai kebutuhan pasar,” imbuhnya.

Dalam catatan Dinas Koperasi dan UMK, UMKM di Kalsel berjumlah sekitar 461 ribu. Namun seiring dampak Covid-19, jumlah ini menyusut menjadi 356 ribu.

“Kemudian memasuki 2022, UMKM diperkirakan naik sekitar 10 persen lebih. Hal ini berdasarkan serapan KUR dari UMKM sebanyak Rp2,1 triliun per Juni 2022,” beber Rifai.

Sebelumnya Gubernur BI, Perry Warjiyo, menjelaskan bahwa ekspor produk UMKM Kalsel ke pasar global sudah mencapai Rp16,9 miliar.

“Artinya perekonomian Kalsel terus meningkat, tidak hanya bertumpu kepada batu bara dan minyak sawit sebagai komoditas ekspor,” jelas Perry.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

demo mahasiswa kalsel

Hot Borneo

Demo Mahasiswa di Kalsel Sempat Memanas, Botol Minuman Melayang dan Mahasiswa Diduga Kena Pukul

Hot Borneo

Menjelang Magrib, Dua Rumah di Kandangan HSS Diamuk Jago Merah
Bocah Tenggelam Banjir Halong

Hot Borneo

Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan
Kebakaran Pelambuan

Hot Borneo

Kebakaran di Pelambuan Banjarmasin, 1 Rumah dan Bedakan 13 Pintu Ludes

Hot Borneo

ABK Batu Bara di Kukar Tenggelam, Begini Kronologinya

Hot Borneo

Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Kalsel Resmi Deklarasi di Banjarbaru

Hot Borneo

BBM Naik, Harga Ikan Langsung Membumbung di Tanah Bumbu
DPO Kasus Narkoba Tabalong

Hot Borneo

Sebulan Buron, DPO Kasus Narkoba Ini Akhirnya Ditangkap Satresnarkoba Polres Tabalong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com