Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Anggota DPRD Banjar Banyak Mangkir; Paripurna Gagal, BK Diminta Tegas

- Apahabar.com     Rabu, 31 Agustus 2022 - 20:08 WITA

Anggota DPRD Banjar Banyak Mangkir; Paripurna Gagal, BK Diminta Tegas

Kursi dewan banyak kosong, rapat Paripurna gagal terlaksana, Rabu (31/8). Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA – Rapat Paripurna DPRD Banjar kembali gagal terlaksana lantaran banyak anggota wakil rakyat yang mangkir, Rabu (31/8) siang.

Paripurna sejatinya dijadwalkan pukul 14.00 Wita, namun pantauan media ini hingga pukul 16.15 Wita tetap tidak mencukupi kuorum. Dari bukti absensi, cuma 19 dari total 45 anggota dewan yang hadir.

Dari unsur pimpinan, Ketua DPRD HM Rofiqi, Wakil Ketua II A Rizanie Anshari, dan Wakil Ketua III A Zacky Hafizi tampak hadir, yang absen Wakil Ketua I H Agus Maulana.

Sedangkan dari legislatif, Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga tak terlihat hadir, termasuk para undangan para kepala dinas.

Padahal ada 4 agenda penting yang dibahas dan diputuskan dalam Paripurna kali ini. Pertama, pengambilan keputusan Raperda Penyertaan Modal Pemkab Banjar kepada Bank BPD Kalsel.

Kedua, pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda tentang perubahan APBD tahun 2022.

Ketiga, penandatangan kesepakatan bersama KUA dan PPAS tahun 2023, dan terakhir pemilihan dan penetapan pimpinan Komisi IV DPRD Banjar.

Anggota Komisi III M Yunani mengatakan kekecewaannya sekaligus heran terhadap rekan-rekannya di DPRD Banjar. Ia lantas menyoroti kinerja Badan Kehormatan (BK) DPRD Banjar yang fungsinya mengevaluasi kinerja anggota serta menjaga kehormatan dan citra DPRD Banjar.

Politikus dari PAN ini bilang, gagalnya rapat penting ini sudah kerap terjadi namun tidak pernah ada tindakan tegas dari badan kehormatan.

“Ini malah ketua BK-nya juga tidak terlihat hadir hari ini, ini kan jadi aneh,” ucap Yunani heran.

Yunani melanjutkan, ia saat menjadi Ketua BK pada periode sebelumnya ini nyaris tidak pernah absen dari rapat, serta tegas menyurati anggota yang melanggar kode etik.

Ia menegaskan, ketua BK harus bersikap tegas kali ini dan memberikan sanksi. Sebab selama ini belum ada sanksi diberikan BK kepada anggota dewan yang malas-malasan hadir rapat.

“Ini sudah sangat patut diberi sanksi, karena salah satu kewenangan BK adalah memberikan sanksi terhadap anggota yang tidak memenuhi kewajibannya, mulai dari suat peringatan satu, dua, dan tiga, baru dilakukan sanksi yang keras,” lontarnya.

“Sebagai ketua BK harus menyurati fraksi-fraksi yang anggotanya tidak melaksanakan kewajiban, kalau perlu partai politiknya juga diberi tembusan,” tukas anggota Komisi III ini.

Terkait hal ini, Ketua BK DPRD Banjar Abdussamad atau kerap disapa Pambakal Utuh dikonfirmasi via telpon dan chat WatsApp, namun hingga berita ini diterbitkan yang bersangkutan belum ada merespons.

dprd banjar

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Tentukan 1 Syawal 1441 H, Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Besok
miras

Tak Berkategori

Awal Usul Buka Investasi Miras di 4 Provinsi, Berikut Penjelasan Bahlil
Oda sensei

Relax

Bukan Luffy, Ini Karakter Favorit Oda Sensei di Serial One Piece
apahabar.com

Tak Berkategori

Akhiri Siaga Karhutla, Bupati Batola Pantau Kawasan dari Udara

Tak Berkategori

PKK HSS Gelar Khitanan Massal Gratis di 10 Kecamatan
apahabar.com

Tak Berkategori

Gerebek Rumah Pria Banjarmasin Selatan, Polisi Temukan Tiga Paket Sabu
Tenggelam

Tak Berkategori

Kapal Bermuatan Batu Bara Tenggelam di Sungai Mahakam, 1 ABK Hilang
filter udara Ferrox

Tak Berkategori

Pilihan Filter Udara Buat Mobil dan Motor Keluaran Terbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com