Duh, ASN di Banjarmasin Masih Ada Tak Taat Pajak Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri
agustus

Antisipasi Karhutla, Petugas Gabungan di Tabalong Siaga di Posko Tanjung Expo Center

Petugas gabungan di Kabupaten Tabalong siaga 24 jam di Posko di Tanjung Expo Center, Kelurahan Mabuun, Murung Pudak..
- Apahabar.com     Jumat, 5 Agustus 2022 - 14:59 WITA

Antisipasi Karhutla, Petugas Gabungan di Tabalong Siaga di Posko Tanjung Expo Center

Selama 40 hari ke depan petugas gabungan di Tabalong berjaga di posko Tanjung Expo Center untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Petugas gabungan di Kabupaten Tabalong siaga 24 jam di Posko di Tanjung Expo Center, Kelurahan Mabuun, Murung Pudak.

Kesiapsiagaan mereka dalam rangka mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta mencegah kabut asap.

Petugas yang berjaga di Posko tersebut terdiri dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Damkar, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan 15 Unit Penganggulangan Bencana Swadaya (UPBS).

“Petugas gabungan secara bergantian jaga di posko ini, mulai hari ini sampai 40 hari ke depan dan bisa diperpanjang dengan melihat kondisi cuaca,” kata Jayosno, Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tabalong, Jumat (5/8).

Kata Jayosno, sementara para petugas jaga hanya stanby di Posko saja tanpa melakukan patroli. Tetapi mereka tetap koordinasi dengan UPBS yang ada di kecamatan-kecamatan.

“Jika ada kebakaran hutan dan lahan baru petugas di posko turun ke lapangan bergabung dengan UPBS di kecamatan memadamkan api,” terangnya.

“Di posko sendiri dilengkapi dengan unit pemadam kebakaran baik yang portable maupun tanki, sejumlah peralatan pemadam manual dan sarana komunikasi serta peta lahan yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan,” sambung Jayosno.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada titik api akibat karhutla yang terpantau di wilayah Kabupaten Tabalong, baik dari pantauan di posko atau dari laporan masyarakat.

“Tapi beberapa minggu kemarin ada beberapa titik api yang terpantau di kecamatan,” bebernya.

Di Tabalong sendiri saat ini berstatus darurat karhutla berdasarkan SK Bupati dari 15 Juli sampai 3 bulan ke depan.

Terkait hal itu, BPBD Tabalong mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membakar lahan sehingga menimbulkan pada kabut asap,” pungkasnya.

Sebelumnya, petugas gabungan menggelar apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Kabupaten Tabalong di Expo Tanjung Center, Jumat (4/8) pagi, dipimpin Kepala BPBD Tabalong, Zaenudin.

Usai apel, Kepala BPBD didampingi Kabag Ops Polres Tabalong diwakili KBO Samapta Iptu Sunaryo dan perwakilan Pasi Ops Kodim 1008/Tabalong pengecekan kuat personel, sarana prasarana dan Posko Siaga Penanggulangan Bencana Karhutla di Kabupaten Tabalong.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Pasar Minyak Goreng Murah HIPMI Tanbu, Upaya Menjaga Stabilitas Perekonomian di Daerah
Pria di Tabalong Tewas

Hot Borneo

Kronologis Penemuan Pria di Tabalong Tewas Terjatuh dari Pohon
Kilang Minyak Balikpapan

Hot Borneo

Olah TKP, Mabes Polri Selisik Biang Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan

Hot Borneo

Meriahkan HUT Kalsel ke-72, Mars Bergerak Dilombakan
Kepala Unit Pegadaian Pelayanan Cabang Rantau

Hot Borneo

Dugaan Korupsi Penyaluran KCA, Kejari Tapin Tetapkan Kepala Pegadaian Rantau Tersangka!
Anies

Hot Borneo

Pendukung Anies di Kalsel Bentuk Pengurus, Incar Suara Milenial
Perda Masyarakat Adat HSS

Hot Borneo

Pertama di Kalsel, Perda Masyarakat Adat Kabupaten HSS Ditetapkan

Hot Borneo

Ungkap Penggelapan 9,7 Ton Pupuk Sawit di Berau Kaltim, Polisi Tangkap 4 Tersangka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com