Gerak Cepat Polres Batola Bongkar Komplotan Garong Lintas Daerah Kemenhub Intensifkan Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan untuk Stabilkan Harga Tiket Pesawat Banjir Hantakan Renggut Nyawa Balita, Walhi Teringat Gugatan Warga Merasakan Sensasi Balapan Mobil Layaknya di Sirkuit Asli Pilihan AC Rumahan, Tinggal Klik Sejuknya Merata ke Seluruh Ruangan
agustus

Banjir Musiman Landa Katingan, Tiga Kecamatan Terendam

%%excerpt%% Banjir musiman kembali melanda sejumlah lokasi di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak beberapa hari terakhir.
- Apahabar.com     Sabtu, 6 Agustus 2022 - 21:15 WITA

Banjir Musiman Landa Katingan, Tiga Kecamatan Terendam

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Banjir musiman kembali melanda sejumlah lokasi di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak beberapa hari terakhir.

Dari informasi dihimpun sudah tiga kecamatan terendam. Antara lain  Kecamatan Petak Malai, Sanaman Mantikei, dan Katingan Tengah.

Dengan ketinggian air bervariasi hingga dada orang dewasa, banjir memaksa sebagian warga mengungsi. Sebagian lagi memilih bertahan, karena bangunan rumah tinggi.

Kepala BPBD Kabupaten Katingan Roby mengatakan penyebab banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi, hingga membuat debit air Sungai Samba meluap.

“Hingga saat ini banjir masih menggenangi wilayah Desa Habangoi, Baraoi, Nusa Kutau, Batu Tukan, dan Batu Badak yang ada di Kecamatan Petak Malai,” ujarnya, Sabtu (6/8).

Kendati demikian kondisi air saat ini sudah cenderung surut di Kecamatan Petak Malai.

Namun tidak di Kecamatan Sanaman Mantikei, khususnya di Desa Tumbang Manggu merupakan wilayah banjir yang cukup parah. Ketinggian air sampai dada orang dewasa.

“Sebagian warga sudah ada yang mengungsi ke daerah dataran yang lebih tinggi,” terangnya.

Roby juga menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa untuk memantau serta menangani dampak banjir di tiga kecamatan tersebut.

Sementara itu, informasi diperoleh dari salah satu warga bernama Sumitro di Kecamatan Katingan Tengah mengungkapkan air saat ini masih mengalami kenaikan.

“Untuk rumah pemukiman warga yang berada di tepian Sungai Samba sudah ada yang terendam, tapi sebagian masih aman,” katanya.

Untuk daerah yang memiliki dataran tinggi, Sumitro menyebutkan air mengalami kenaikan sekitar antara 20-30 Cm.

“Banjir saat ini belum separah banjir tahun lalu. Di samping itu warga di sini juga sebagian sudah ada yang meninggikan bangunan rumahnya,” tambahnya.

Tidak hanya rumah warga, banjir di Kecamatan Katingan Tengah  juga merendam fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, serta sarana dan prasarana lainnya.

Hingga pukul 18.30 WIB malam ini, debit air di Katingan Tengah masih merangkak naik. Alat ukur ketinggian air yang terletak di Dermaga Tumbang Samba mencatat  juga berada di angka 4 Meter.

Pemerintah Kecamatan Katingan Tengah juga telah mengeluarkan peringatan dini agar warga waspada. “Jangan lengah terhadap anak-anak dan tetap waspada terhadap peralatan listrik,” pungkasnya.

Sayang saat ini BPBD Katingan belum memberikan data pasti berapa warga yang terdampak banjir tersebut.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Bobol Toko Ponsel di Tabalong, Sopir dari Banjarmasin Diciduk Polisi
mardani h maming

Hot Borneo

Mardani H Maming Beri 30 Ekor Sapi Kurban untuk NU dan Ansor Kalsel
ASN Pemkot Banjarmasin

Hot Borneo

Protes Dikabulkan KASN, Jabatan ASN Banjarmasin Tak Kunjung Kembali
Supiani

Hot Borneo

Breaking! Innalillahi… Wakil Bupati Balangan Supiani Meninggal Dunia
Kebakaran Pelambuan

Hot Borneo

Kebakaran di Pelambuan Banjarmasin, 1 Rumah dan Bedakan 13 Pintu Ludes
Sekumpul

Hot Borneo

Megaproyek Miliaran Sekumpul Bak Tiba Masa Tiba Akal

Hot Borneo

Belum Sempat Transaksi Narkoba, Warga Landasan Ulin Banjarbaru Ditangkap Polisi
Cutter

Hot Borneo

Ditikam OTK Pakai Cutter di Leher, RD Alami Pendarahan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com